Kam. Agu 6th, 2020

komentarnews.com

Hanya Satu Untuk Semua

Kebutuhan Listrik Meningkat, PLN Bangun Kabel SKTM 20 KV di Kota Manado

8 min read
Bagikan Ke :

Manado, KOMENTAR- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado turut memiliki tanggungjawab dalam pembenahan Kota Manado di bidang penyedia listrik. Sebagai langkah nyata adalah dengan cara mengalihkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 Kilo Volt (kV) dari kabel udara menjadi kabel tanam.
Lokasi yang dilakukan pengalihan adalah Gardu Induk Teling ke Kantor Gubernur, Gardu Induk Teling ke Bumi Beringin, Gardu Induk Ranomut ke Gardu Hubung Komo dan Brimob Paniki ke Gardu Hubung Bandara.

Manager UP3 Manado, Andre Lengkong menyampaikan bahwa Teknologi tersebut diusung PLN untuk terus meningkatkan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat, yaitu dengan kabel yang dipendam di tanah tersebut yang mengalirkan tegangan sebesar 20 kV (kilo volt).

Berita Terkait :  HUKUM SEBAGAI KONTROL SOSIAL SEKALIGUS ALAT REKAYASA SOSIAL DALAM BERDAMAI DENGAN COVID-19.

Selain itu pembangunan Saluran Kabel Bawah Tanah 20 kV ini juga termasuk pekerjaan rehabilitasi Saluran Udara Tegangan Menengah 20kV dalam rangka memperbaiki estetika kota Manado. Sehingga kabel-kabel Tegangan Menengah di udara mulai berkurang memenuhi ruang udara kota Manado.

Pembangunan yang dilakukan sudah hampir rampung 100% dan dalam waktu dekat ini segera ddiselesaika. “Di tengah pandemi Covid 19 ini, kami terus berusaha untuk mempercepat proses pekerjaan dengan penyediaan material untuk kelanjutan pekerjaan bisa selesai. Untuk itu PLN meminta maaf kepada masyarakat bila ada hal-hal yang mengganggu aktivitas akibat dari pembangunan tersebut. Pembangunan tersebut kami rasa jauh lebih penting untuk keadalan sistem kelistrikaan kota Manado kedepannya,” tutur Andre.

Berita Terkait :  SBANL Apresiasi Menteri PUPR RI dalam Pembangunan Infrastruktur di Sulut

Dengan penguatan sistem kelistrikan ini, diharapkan keandalan pasokan listrik kota Manado semakin meningkat. Sehingga kepercayaan investor akan semakin baik, dan efeknya pembangunan kota Manado semakin berkembang dalam menunjang perekonomian Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Andre.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jimmy Rotinsulu menyampaikan, pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah yang dilakukan oleh PLN telah mendapat rekomendasi. “Kami telah memberikan rekomendasi terkait pekerjaan yang sementara dilaksanakan oleh PLN. Di mana pembangunan ini tidak hanya untuk perwajahan kota, tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat. “Dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini, wajah kota Manado lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan,” kata Jimmy. (jou)

Berita Terkait :  Polri dan TGPF Bakal Ungkap Temuan Baru

Tinggalkan Balasan

Copyright © Harian Komentar 2019 All rights reserved. by Manado Ads | Newsphere by AF themes.