oleh

Lestarikan Budaya Daerah, Pemkab Minut Gelar Lomba Bercerita

Airmadidi, KOMENTAR – Pemkab Minahasa Utara melalui Dinas Kearsipan kembali menggelar lomba bercerita, Kamis (16/05) kemarin di atrium Kantor Bupati. Sebanyak 20 siswa-siswi sekolah dasar menampilkan kebolehan bercerita yang merupakan cerita rakyat Minahasa.

Lomba yang merupakan agenda tahunan ini dibuka oleh Sekda Ir Jemmy Kuhu MA. Dalam sambutan Sekda mengungkapkan lomba bercerita merupakan upaya meningkatkan minat baca yang harus ditumbuhkan sejak anak-anak.

“Lomba bercerita ini juga terkandung pelestarian nilai budaya karena cerita-cerita merupakan bagian dari cerita rakyat Minahasa,” tutur Kuhu.

Sementara itu Plt Kadis Kearsipan Ir Jan O Sinaulan MSi kepada koran ini mengungkapkan kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan minat baca. “Sejak dinih gemar membaca harus ditanamkan pada anak-anak. Selain ini menumbuhkan rasa cinta dan melestarikan budaya. Materi cerita dalam lomba ini mengangkat cerita rakyat Minahasa dan budaya,” tutur Sinaulan.

Lanjutnya peserta meningkat. Kalau tahun-tahun sebelumnya hanya 9 peserta, tahun ini ada 20 peserta. “Kita targetkan Minut bisa masuk 5 besar tingkat nasional. Tahun lalu peserta dari Minut juara tingkat provinsi dan masuk 5 besar di tingkat nasional,” pungkas mantan Kadis Pertanian ini.(vic)

Komentar

Terbaru