oleh

Seluruh Instansi Harus Memiliki Standar Keprotokolan

Boroko, KOMENTAR – Setiap dinas, badan kantor pemerintah maupun swasta hendaknya menyiapkan tenaga-tenaga keprotokolan. Termasuk melengkapi alat, sarana dan prasarana penunjang kegiatan keprotokolan yang cukup dan sesuai dengan keperluan standar operasional prosedur suatu acara. Untuk itu, Pemda Bolmut menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan Tahun 2019 yang secara resmi dibuka Bupati Drs Hi Depri Pontoh, bertempat di Hotel Aston Manado.

“Daerah kita gencar melaksanakan pembangunan dan roda perekonomian terus bergerak maju berdampak pada meningkatnya acara resmi serta kedatangan tamu kenegaraan dari pusat bahkan luar negeri. Karenanya setiap SKPD termasuk swasta harus menyiapkan tenaga keprotokolan. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan ini ,” kata Kabag Humas Setda Bolmut, Sri Wahyuni Pontoh,S.Sos, Senin (14/10).

Sri Wahyuni menjelaskan, Bimtek Keprotokolan kerjasama Pemerintah Daerah dengan TP PKK Kabupaten Bolmut ini dilaksanakan selama tiga hari, diikuti oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, dan pimpinan Perangkat Daerah bersama Isteri.

Dia menegaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta di bidang keprotokolan.

” Sehingga nantinya mampu menerapkan aturan atau tata cara dalam menyelenggarakan suatu acara yang berjalan tertib, lancar dan hikmad dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Bolmut dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya mensinergikan program kegiatan kehumasan Pemerintah Daerah, sehingga dapat terbangun persepsi dan langkah konkrit yang saling mendukung peningkatan kualitas tugas-tugas keprotokolan.

Dirinya berharap melalui Bimtek Keprotokolan, pimpinan Perangkat Daerah beserta isteri mampu memahami teori dan praktek keprotokolan.

Secara khusus Bupati Bolmut berpesan agar Bagian Humas dan Protokol harus mampu menjadi manager yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima.

“Setidaknya dibutuhkan pengetahuan, kemampuan dan sikap yang harus dimiliki dalam mendukung penguasaan kegiatan keprotokolan dengan menjunjung nilai sosial dan budaya bangsa serta daerah,” kuncinya.

Informasi dihimpun media ini, Para peserta Bimtek dibekali dengan berbagai materi mulai dari tata tempat, tata upacara, tata penghormatan pada pimpinan daerah dan tamu daerah sampai etika berpakaian, table manner dan etika berbicara didepan publik.

Materi-materi tersebut disampaikan oleh Narasumber dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara RI Sandra Erawanto SSTP MPub Pol dan Mega Putri SSTP MM. (fed)

Komentar

Terbaru