oleh

180 Calon Panwascam Minahasa Uji Kompetensi Via Online

Tondano, KOMENTAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa telah mengumumkan hasil seleksi administrasi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) di Minahasa tahun 2020.

Dari 196 orang yang mendaftarkan, 180 orang dinyatakan lulus seleksi berkas. Peserta yang lulus berkas selanjutnya akan mengikuti uji kompetensi alias tes tertulis di Puskom Unima, Jumat (13/12) pagi.

Menariknya uji kompetensi seleksi pengawas untuk Pilkada 2020 memakai metode sistem online Computer Asisted Test (CAT) Socrative.Aplikasi ini mirip CAT tes CPNS.

“Ini sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi.Nanti setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, langsung bisa diketahui hasilnya.Soal tes, berasal dari Bawaslu RI dan baru akan dibagikan ke Kabupaten/Kota satu ketika sebelum tes berlangsung,” terang Donny Rumagit ketua Bawaslukab Minahasa, kemarin.

Ia mengharapkan, peserta hadir tepat waktu. “Pakain bebas rapi, para peserta diharapkan membawa kartu identitas diri berupa KTP.
Bawaslu kata Donny mencari figur calon panwascam yang benar benar berintegritas dan mampu bekerja sepenuh waktu menjalankan tugas tugas pengawasan. “Setelah tes tertulis ada juga tes wawancara.Setelah itu diumumkan tiga nama panwascam yang lolos di tiap kecamatan,”ujar mantan aktivis mahasiswa dan jurnalis senior ini.(bly)

Komentar

Terbaru