oleh

Grup Justitia Societas Sumbang APD ke RSUP Kandouw

Manado, KOMENTAR – Bantuan sosial kembali dilakukan WhatsApp Group (WAG) Justitia Societas. Kali ini bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 36 buah baju Hazmat, 50 buah masker glass dan 100 lembar masker operasi yang didonasikan ke RSUP Prof Dr RD Kandou, Manado, Kamis (16/04/2020) pagi.

Berdasarkan data dan informasi, donasi ini diserahkan langsung, Toar Palilingan, SH MH dan Stefan Voges, SH MH selaku admin WA Group Justitia Societas didampingi anggota Steven Pailah, SH, MH dan dr. Steven Lapian dan diterima langsung Dirut RSUP Prof Kandou, Dr dr Jimmy Panelewen bersama jajaran.

Palilingan menyampaikan rasa empati yang dalam atas kerja keras dan kesiapan tim medis RSUP Prof Dr Kandou sekalipun di tengah kekurangan APD, selama pandemi Covid-19 melanda Sulut.
“Kami berharap kiranya langkah WAG Justitia Societas ini sebagai motivasi bagi banyak WAG lainnya untuk turut berbuat bagi petugas medis yang adalah garda terdepan penanganan pandemi ini,” ujar dosen Unsrat ini.

Sejalan dengan itu, Stefan Voges menambahkan, untuk saat ini, donasi yang bisa diberikan bagi tenaga medis dan Tim Satgas COVID-19 Sulut oleh Justitia Societas belum banyak karena memang tidak mudah untuk mencari, memesan dan membeli APD saat ini.
“Salut kepada member WAG yang sangat antusias menggalang dana mandiri untuk merespon kekurangan APD para petugas medis,” ungkap dosen yang juga mantan Nyong Sulut ini.

“Barang ini sejak dipesan, hampir 2 minggu baru tiba di Manado. Jadi kami bisa paham betapa sulitnya situasi saat ini bagi semua pihak, dan semoga kebersamaan dan kepedulian member WAG Justitia Societas ini boleh menjadi motivasi bagi ribuan WAG lain demi membantu tim medis kita dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini,” ajak Voges.

dr. Steven Lapian menambahkan pengumpulan dana hanya dua hari namun bisa terkumpul Rp14 juta. “Setelah dana terkumpul, kami segera melakukan pemesanan. Syukurlah sekarang barang-barang itu telah tiba dan bisa segera kami berikan ke Direksi RSUP,” ucap dr Steven.
Senada ditutur Steven Pailah. Animo para anggota WAG terpacu ketika melihat postingan para tenaga medis yang hanya menggunakan jaket hujan. “Seketika itu juga member WAG Justitia Societas tergerak untuk berbuat dan memperjuangkan bantuan APD secepatnya bagi tim medis RSUP Prof dr Kandou, lewat pengumpulan dana swadaya,” ungkap Steven.

Sementara itu Dirut RSUP Prof dr Kandou, Dr. dr. Jimmy Panelewen sangat kagum dan berterima kasih atas kepedulian yang tinggi. Kekaguman itu muncul karena ternyata ada WAG seperti Justitia Societas yang bukan sekedar menjadi wadah diskusi dan debat pendapat, tetapi juga langsung melakukan gerak aksi membeli APD dan mendonasikannya kepada Tim Satgas COVID-19 Sulut di RSUP Prof dr Kandou Malalayang.
“Kami tidak pernah melihat jumlah tetapi kami melihat niat. Niat ini tentu berasal dari keterpanggilan dari rasa tanggung jawab kita bersama bahwa menghadapi bencana bukan hanya tanggungjawab pemerintah tapi dari seluruh komponen bangsa ini,” tutur Panelewen.

“Terima kasih atas kepedulian teman-teman dari Justitia Societas yang bisa memberi donasi berupa APD dan ini akan menambah semangat teman-teman kami, para tenaga medis, semua komponen, termasuk cleaning service dan security karena semua terlibat,” pungkas Panelewen.(*)

Komentar

Terbaru