oleh

PLN Jajaki Kerjasama CSR Community Development Talis dengan Dinsos Sulut

Manado, KOMENTAR – PT PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) mengunjungi Dinas Sosial (Dinsos) Sulut pada Selasa (19/05) lalu untuk menindaklanjuti perencanaan program CSR dan PKBL PLN tahun 2021. Melalui kunjungan ini, program PLN akan disinergikan dengan program Dinsos terkait isu kemanusiaan.

Kunjungan ini tetap mengedepankan social dan physical distancing serta menggunakan APD dan Protokol Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.
Pada kunjungan ini, PLN diwakili oleh Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo dan didampingi oleh Manager Komunikasi Marthen Salmon, Assistant Manager Stakeholder Nicolaas Tambajong dan Tim Komunikasi PLN UIW Suluttenggo. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara dr. Rini Tamuntuan.

Dalam pertemuan tersebut, Chrissetyo menerangkan bahwa PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo telah menyiapkan dan merencanakan konsep program CSR dan PKBL di tahun depan dan tetap fokus pada eksekusi program di tahun ini. Oleh sebab itu, PLN membutuhkan sinergi dengan seluruh Stakeholder terkait, agar program-program tersebut dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah Provinsi Sulawesi Utara itu sendiri.
“Memang kami telah mempersiapkan lebih awal program yang akan kami laksanakan di tahun depan, karena kami menyadari dengan perencanaan yang matang maka semuanya dapat berjalan dengan baik,” kata Chrissetyo.

“Untuk mendukung program yang ada di Dinas Sosial, tentunya kami memerlukan masukan program apa yang dapat disinergikan bersama. Kami berikan contoh terkait dengan program sambungan listrik gratis. Program ini merupakan salah satu dari beberapa program CSR & PKBL yang berorientasi pada bisnis inti perusahaan kami,” jelasnya.

Untuk Sulawesi Utara menurut Chrissetyo masih ada beberapa daerah yang belum teraliri listrik, apalagi untuk daerah kepulauan. PLN pun sedang menjajaki kemungkinan implementasi CSR TALIS atau Tabung Listrik. “Program-program seperti ini sangatlah baik dalam mendukung peningkatan perekonomian keluarga dengan memanfaatkan listrik untuk usaha, meningkatkan rasio elektrifikasi menuju 100 % RE, di daerah Kepulauan,” katanya seraya menmabahkan, ada juga CSR Penyambungan Listrik Gratis masyarakat dapat terbantukan dalam hal biaya penyambungan, instalatir, dan penyediaan sertifikat laik operasi (SLO).

Tamuntuan memberikan apresiasi kepada PLN atas inisiasi awal yang telah dilakukan, meskipun perencanaan program tersebut nanti akan dieksekusi ditahun 2021. “Terima kasih kami sampaikan kepada pihak PLN yang telah mempercayakan kami Dinas Sosial sebagai salah satu Stakeholder untuk mendukung jalannya program CSR terlebih khusus terkait program-program yang selaras dengan yang terkait tanggungjawab kami yaitu program dengan isu-isu kemanusiaan. Memang ada beberapa program kami yang membutuhkan dukungan dari pihak eksternal seperti program pembangunan rumah sederhana dengan belum teraliri listrik, program pemberdayaan masyarakat difabel dan lansia, program bantuan bencana alam, program usaha bersama, dan juga beberapa program lainnya. Kami tentunya sangat berterima kasih jika PLN dalam hal ini sebagai salah satu BUMN ingin membantu kami dalam melakukan eksekusi program-program tersebut,” kata Tamuntuan.

Adapun untuk program CSR dan PKBL PLN di tahun 2020 dan perencanaan tahun 2021 lebih banyak terkait program yang mempunyai kebermanfaatan yang berlanjut dua sampai tiga tahun ke depan. Bahkan lebih dari itu, memang harus dipersiapkan dengan matang program-program yang sudah disiapkan, agar eksekusinya dapat berjalan lancar.
Sebagai salah satu tindak lanjut pertemuan tersebut, PLN dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara sepakat untuk melakukan pertemuan intens terkait dengan pembahasan program yang sudah disiapkan PLN agar dapat selaras dengan perencanaan yang ada di Dinas Sosial.
Galih pun menyampaikan, New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore, tambahnya.
Sesudah sesi diskusi Chrissetyo mewakili PLN memberikan secara simbolis bantuan melalui program PLN Peduli dan diterima langsung Tamuntuan. Bantuan yang diberikan berupa sembako dengan jumlah 150 paket. Bantuan sembako ini akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan melalui Dinas Sosial.

Diakhir pertemuan tersebut, PLN memberikan cinderamata kepada pihak Dinas Sosial serta diakhiri dengan sesi foto bersama dalam suasana kebersamaan dan keakraban siang itu.(jou)

Komentar

Terbaru