oleh

PLN Peduli Berikan CSR Sambungan Listrik Gratis di Sulteng

Palu, KOMENTAR – PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo kembali memberikan bantuan sambungan Listrik Gratis. Kali ini sambungan tersebut berasal dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PLN Peduli di Sulawesi Tengah, Jumat (12/06) lalu.

Penyerahan bantuan listrik gratis ini disalurkan melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu dengan lokasi tempat penyerahan bantuan di wilayah Lasoani, Kecamatan Mantikolore, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.
Program CSR PLN Peduli ini merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh PLN, selain untuk mendukung proses bisnis inti perusahaan yaitu terkait peningkatan rasio elektifikasi sebuah daerah, d isisi lain PLN mengharapkan lewat program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima sambungan listrik gratis tersebut. Manfaat yang didapatkan seperti terbantu dalam hal biaya penyambungan, instalatir dan sertifikat laik operasi, serta meningkatkan perekonomian keluarga dengan memanfaatkan listrik sebagai penggerak usaha rumah tangga.

Penyerahan simbolis bantuan ini dihadiri oleh Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palu, Muhammad Wardi Hadi, Mewakili General Manager UIW Suluttenggo, Christyono, didampingi , Noven N Koropit selaku Manajer Bagian KSA dan Parhehean Munte selaku Manajer Bagian Pemasaran & Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) UP3 Palu, serta Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Bapak DR. H. Moh. Hidayat Lamakarate M.Si.

Dalam Sambutannya, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palu Muhammad Wardi Hadi berharap bantuan yang telah diberikan ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. Karena seperti diketahui, kebutuhkan listrik merupakan salah satu pendorong dalam hal penggerak kegiatan ekonomi masyarakat. “Dengan adanya listrik yang merupakan salah satu kebutuhan pokok saat ini, masyarakat dapat berkembang untuk meningkatkan taraf hidupnya. Dengan adanya listrik, masyarakat dapat membuka peluang-peluang usaha, karena pada dasarnya listrik untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik,” kata Wardi.

Ditempat yang berbeda, General Manager Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo Christyono, menyampaikan bahwa PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan Rasio Kelistrikan, salah satunya adalah tanggungjawab sosial perusahaan melalui CSR. “Semoga bantuan ini memberikan makna dan kebahagiaan. Saya berharap, ke depan juga ada partisipasi juga pihak lainnya untuk juga memberikan bantuan CSR untuk masyarakat yang membutuhkan, “ katanya.
Galih Chrissetyo, Selaku Senior Manager SDM dan General Affairs yang membidangi CSR , turut memberikan gambaran arah dan Tujuan CSR PLN Peduli. “Program Peduli ini, PLN akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi Pengentasan Kemiskinan, Pangan, Kesehatan, Pendidikan, Kesetaraan Gender, Ketersediaan air, Ketersediaan energi, Peningkatan perekonomian masyarakat, Infrastruktur, Iklim, Pemukiman, Ekosistem Kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan,” katanya.

Adapun total bantuan penyambungan listrik gratis dalam rangka peningkatan rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Tengah ini berjumlah Rp.90.000.000,-
Penyerahan Secara Simbolis bantuan tersebut dilakukan oleh Manajer PT PLN (Persero) UP3 Palu, Muhammad Wardi Hadi serta dilakukan penyalaan listrik ke rumah warga untuk pertama kalinya yaitu di rumah Isman. Acara ini disaksikan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, DR. H. Moh. Hidayat Lamakarate M.Si bersama warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Salah satu penerima bantuan, Isman yang merupakan warga Kelurahan Lasoani mengatakan,bantuan ini sangat bermanfaat. “Ini adalah berkat dari Tuhan. Selama ini kami hanya menggunakan lampu pelita seadanya sebagai sarana penerangan. Namun dengan adanya listrik ini akan membantu kami dalam beraktifitas. Terima kasih PLN yang telah membantu kami masyarakat yang kurang mampu dengan pemasangan listrik gratis dirumah kami,” ungkap Isman.

Berdasarkan data Penyambungan Listrik ini, Guna mendukung Rasio Elektrfikasi (RE) Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2020, tercatat awal tahun 2020,RE Provinsi Sulawesi Tengah masih 97,73%. Sementara target pada akhir tahun 2020 adalah 99.99%. Maka PLN Terus berupaya untuk mencapai target tersebut dengan berbagai upaya dan dukungan dari semua pihak termasuk melalui program PLN Peduli ini. Sehingga visi 75/100 yaitu pada hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75 tahun, Rasio Elektrifikasi sudah mencapai angka 100 %.

PLN terus berkomitmen Meningkatkan RE. Selain penyambungan Listrik Gratis melalui CSR, PLN juga gencar melakukan sosialisasi mendorong masyarakat yang belum berlistrik untuk menjadi pelanggan PLN, dengan aktif mendatangi desa- desa yang baru teraliri listrik oleh jaringan listrik desa.(jou)

Komentar

Terbaru