oleh

Onibala: Pejabat SKPD, Camat dan Kumtua, Jangan Intervensi Rakyat Memilih

-Minsel-29 views

Amurang, KOMENTAR- Penjabat Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala menyampaikan dengan tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral alias tidak memihak pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada). Begitu pula dengan kumtua dan perangkat desa, jangan coba-coba bermain. Pihaknya sedang melakukan monitoring dengan ketat, bila terbukti akan diproses sesuai ketentuan.

“Netralitas harus benar-benar dijaga, jangan coba-coba bermain dengan memihak ke pasangan calon. Bila terbukti saya akan mengganjar dengan sanksi sesuai aturan dengan tegas. Monitoring terus kita lakukan untuk memantau ASN, Kumtua dan perangkat desa. Kan aturanya sudah ada, bila melanggar selain kami, Bawaslu juga menanti. Makanya tetap jaga itu netralitas,” tukas Onibala saat menghadiri ibadah hari Minggu di GPDI Parakletos Kakenturan, Minggu (04/10).

Selain bersikap netral para pejabat SKPD, Camat dan Hukum Tua serta perangkat desa juga jangan mengintervensi pilihan masyarakat. Apalagi dengan cara menakut-nakuti dengan program atau uang negara, seperti menghapus dari BLT dan lainnya. “Biarkan mereka memilih sesuai hati nurani karena masyarakat punya hak dan kebebasan untuk memilih. Saya juga sudah meminta kerjasama dari semua pihak agar Pilkada bisa berjalan dengan sukses dan aman,”sebutnya.

Onibala yang juga Inspektorat Provinsi Sulut ini mengatakan bahwa Inspektorat Provinsi bersama Inspektorat Kabupaten akan turun melakukan penampingan di desa-desa. Inspeksi dilakukan untuk melihat sejauh mana laporan penggunaan dana desa apakah sudah sesuai laporannya atau perlu diperbaiki.

“Karena jika bermasalah diperhadapkan dengan tuntutan ganti rugi bahkan berujung proses pidana sehingga perlu adanya pendampingan. Pastinya bila kami menemukan ada penyimpangan maka langsung diproses secara hukum,” tandasnya.

Menjaga netralitas lebih dalam, Onibala juga memerintahkan agar gedung pemerintahan seperti kantor camat, kantor desa, gedung persekolahan warna didinding dirubah. Dinding pada gedung pemerintahan harus dicat dengan warna netral. “Ini perlu agar tidak menimbulkan kesan memihak salah satu warna atau pasangan tertentu.Saya juga meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Minsel agar bisa melaksanakan amanat sebagai Penjabat Bupati Minahasa Selatan.

Seperti diketahui, Onibala maraton beribadah di 3 gereja yakni GPdI Victory Pinasungkulan, GPdI Parakletos Kakenturan dan GPdI Alfa Omega Sinisir. Hadir juga Staf Khusus Pjs Bupati Pdt Steven Rambe yang juga khadim dalam ibadah, Camat Modoinding Harits Lokas ST, Plt Hukum Tua Desa Pinasungkulan, Plt Hukum Tua Desa Kakenturan dan Plt Hukum Tua Desa Sinisir.(vtr)

Komentar

Terbaru