oleh

Pemkab Berdayakan Warga Lokal Jadi Pemandu Wisata Selam

-Mitra-12 views

Ratahan, KOMENTAR – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memberdayakan masyarakat lokal dalampengembangan pariwisata termasuk dalam optimalisasi objek-objek wisata di Kabupaten Mitra. Hal ini juga berlaku untuk wisata selam, di mana untuk pemandunya Pemkab mengoptimalkan kemampuan warga lokal.

Demikian terungkap dalam pelatihan dan penyiapan tenaga pemandu wisata yang digelar Pemkab Mitra lewat instansi teknis dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di di Balai Pelatihan Masyarakat Desa Pangu, Kecamatan Ratahan Timur pada Senin (05/10) kemarin.

Kegiatan yang antara lain bertujuan sebaagi bagian pemberdayaan potensi masyarakat lokal melalui sektor Pariwisata ini dibuka pelaksanaanya oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David Lalandos AP MM. Dalam sambutannya, Sekda mengutarakan, salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Mitra adalah kekayaan wisata bahari, termasuk juga potensi bawah laut yang sangat menjanjikan.

“Dan pengembangan potensi ini harus dilakukan secara simultan dengan kesiapan dari sisi sumber daya manusia, termasuk untuk pemandu wisata, di mana hal tersebut dilakukan antara lain dengan menggelar pelatihan seperti ini. Kita memang harus dari awal untuk persiapan,” katanya.

Sekda juga menyambut baik optimalisasi kemampuan dari warga lokal untuk terlibat langsung dalam kegiatan kepariwisataan. “Makanya pelatihan ini akan menjadi titik awal mengasah kemampuan warga lokal supaya bisa berkontribusi maksimal dalam pengembangan potensi wisata Kabupaten Mitra khususnya potensi wisata bawah laut,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mitra, Sartje Taogan SE menyampaikan, pelatihan pemandu selam ini adalah kegiatan yang difokuskan untuk kompetensi pemandu selam.

“Kita menghadirkan instruktur selam berkelas internasional. Dan pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta calon pemandu wisata selam di mana semuanya adalah warga Mitra. Mereka akan mendapatkan pelatihan dalam bentuk teori dan praktek, dan nanti akan mendapat semacam sertifikat sebagai lisensi resmi,” ungkapnya. Kegiatan pelatihan pemandu wisata selam ini akan digelar hingga Jumat (09/10).(ftj)

Komentar

Terbaru