oleh

Perangkat Daerah Diingatkan Soal Serapan Anggaran

-Mitra-16 views

Ratahan, KOMENTAR – Perangkat daerah di Kabupaten Minahasa tenggara (Mitra) diingatkan soal serapan anggaran. Hal ini penting jangan sampai ada yang realisasinya ada di bawah target, supaya nanti penyerapan anggaran menjadi lebih maksimal sesuai harapan.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David Lalandos AP MM. “Perlu diingatkan kepada semua perangkat daerah soal penyerapan anggaran. Kepala perangkat daerah harus memperhatikan itu, jangan sampai ada yang masih di bawah target,” katanya.

Sekda menyatakan, soal serapan anggaran ini juga menjadi perhatian dari pihaknya dan juga selalu dimonitor. “Akan kelihatan perangkat daerah mana yang bisa memaksimalkan anggaran yang dialokasikan untuk instansi itu dan mana yang tidak bisa maksimal,” ungkapnya.

“Hal tersebut tentu akan menjadi bahan evaluasi dan penilaian, untuk alokasi anggaran ke depan. Kalau memang tak bisa memaksimalkan anggaran yang dialokasikan, tentu ke depan akan menjadi catatan dan tidak bisa untuk mendapatkan alokasi anggaran yang signifikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sekda juga mengingatkan kepada perangkat daerah yang memilik tanggungjawab dalam pekerjaan fisik oleh pihak ketiganya untuk menyelesaikan sesuai dengan kontrak dan jangan sampai lewat waktu. “Ada yang memiliki tanggungjawab dengan pekerjaan fisik, kami minta juga supaya memperhatikan,” tukasnya.

“Artinya perhatikan waktu penyelesaiannya. Jangan sampai terlambat. Kalau memang kontraknya selesai tahun ini, harus diselesaikan supaya tidak kemudian akan menjadi masalah di kemudian hari termasuk persoalan hukum. Kepala perangkat daerah harus pro aktif memastikannya,” sebutnya.

Meski harus memperhatikan serapan anggaran dan waktu penyelesaian proyek fisik, namun Sekda juga mengingatkan hal yang tak kalah penting adalah kualitas pekerjaan fisik itu sendiri. “Memang perlu memperhatikan soal serapan anggaran, namun bukan berarti kemudian perangkat daerah mengabaikan soal kualitas pekerjaan,” ungkapnya.

“Jangan sampai karena memburu waktu atau mengejar serapan anggaran, kemudian ada hal yang terlewatkan apalagi soal kualitas pekerjaan. Tetap kualitas harus jadi fokus dan didaarkan pada spek yang ada karena di kemudian hari pasti akan ketahuan,” pungkasnya.(ftj)

Komentar

Terbaru