Diskominfo SP Tetap Gencarkan Sosialisasi Lawan Covid-19

Ratahan, KOMENTAR – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Dsikominfo SP) tetap menggencarkan sosialisasi melawan Covid-19 kepada masyarakat. Utamanya yang disosialisasikan adalah soal sejumlah hal penting, beberapa anjuran, dan juga larangan.

ā€œKami tetap menggencarkan sosialisasi melawan Covid-19 untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Yang kita sosialisasikan yakni 7 hal penting, 7 anjuran, dan 7 larangan,ā€ kata Kepala Diskominfo SP Kabupaten Mitra, Drs FH Mokorimban, di sela-sela sosialisasi tersebut, Rabu (07/10).

Sosialiasi ini dilakukan jajaran Diskominfo SP dengan cara berkeliling menggunakan kendaraan roda empat lengkap dengan pengeras suara, di mana pada kemarin tim Dsikominfo SP menyisir wilayah Belang dan Ratatotok. ā€œSampai saat ini kita masih dalam masa pandemi meskipun kita mulai dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru, tetapi tentu protokol kesehatan tidak boleh diabaikan,ā€ katanya.

Disampaikan Mokorimban, 7 hal penting yang diinformasikan antara lain selalu berdoa, rutin bersihkan fasilitas umum, tidak berjabat tangan, wajib lapor bagi pendatang, dan saling memberi informasi. Selanjutnya 7 anjuran yang dimaksud antara lain mengonsumsi makanan bergizi, sering mencuci tangan, rajin membersihkan benda-benda yang sering disentuh, menggunakan masker, dan melapor ke Puskesmas bila mengalami gangguan kesehatan.

Sedangkan untuk 7 larangan antara lain larangan konta sentuh dengan orang lain, larangan menyentuh bagian wajah dan sekitarnya, larangan berkerumun, dan larangan menyebar berita hoax. ā€œIni dirangkum dalam satu semangat yakni kewajiban menerapkan protokol kesehatan,ā€ tutur pejabat yang masih dengan jabatan defintif yakni Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Mitra.

Menurut Mokorimban, sosialisasi ini penting dilakukan supaya masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan prilaku hidup bersih dan sehat, mengingat untuk saat ini Covid-19 sudah menyerang hamper 50 warga Kabupaten Mitra. ā€œKita harus bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,ā€ ungkapnya.(ftj)

Komentar