oleh

DLR Ajak Warga Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

-Mitra-9 views

Ratahan, KOMENTAR – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang juga anggota DPRD Provinsi Sulut sekaligus Komisi II DPRD Sulut, Djein Leonora Rende SE.Ak (DLR) mengajak masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting karena penyebaran Covid-19 masih terjadi sampai saat ini.

Hal tersebut disampaikan DLR ketika menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mitra, di sport hall Kantor Bupati Mitra, Kamis (08/10).

“Kami mengamati bahwa masih saja ada masyarakat yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, antara lain nampak dari kesadaran masyarakat untuk memakai masker di mana ada juga sebagian yang tak menggunakan masker,” ungkapnya.

DLR mengutarakan, saat ini Covid-19 masih terus diredam penyebarannya dengan berbagai upaya sambal terus menunggu adanya vaksin ataupun obat untuk itu. “Yang dapat kita lakukan saat ini adalah bagaimana menerapkan dengan ketat protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi bepergian, menjaga kebersihan diri, dan seterusnya,” ungkapnya.

DLR kemudian meminta supaya semua anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mitra untuk menjadi garda terdepan dalam sosialisasi ini yakni menjadi agen untuk terus menerus menyampaikan kepada masyarakat soal protokol kesehatan ini. “Termasuk juga semua anggota Dharma Wanita bisa menjadi contoh dan teladan dalam penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 ini juga menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, dr Helny Ratuliu sebagai pemateri lainnya. Dalam pemaparannya, dr Helny menjelaskan dari sisi teknis dan medis apa dan bagaimana Covid-19, terutama bagaimana penularannya dan cara pencegahan serta penanganannya.

“Yang penting juga untuk diperhatikan adalah jika mengalami gangguan kesehatan untuk secepatnya memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Jangan takut karena semua petugas di fasilitas kesehatan sudah dipastikan aman dari Covid-19,” ungkapnya. Turut hadir dalam kesemapatan ini Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Mitra, Pdt Erni Legi Rondonuwu STh.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Mitra, Lingkan Lalandos Mumek SE dalam laporannya menyatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk semakin memberikan pemahaman kepada anggota DWP Kabupaten Mitra. “Diharapkan apa yang didapat dalam sosialisasi ini dapat diteruskan kepada masyarakat. Ini juga menjadi bagian kontribusi DWP untuk menunjang program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(ftj)

Komentar

Terbaru