oleh

Raker Cegah COVID-19 dan Upaya Pemulihan Ekonomi

Manado, KOMENTAR – Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen menyatakan komitmen pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19, dan upaya pemulihan ekonomi selama pandemi ini. Hal ini disampaikan Bupati Sasingen saat menghadiri rapat kerja bupati dan walikota se-Sulawesi Utara (Sulut) di Manado, Kamis (8/10).

“Pemerintah daerah secara umum telah melakukan beragam cara pencegahan penyebaran virus corona. Begitu pula dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah daerah dalam upaya mencegah virus corona ini,” ujar Bupati Sasingen.

Ia menyatakan pula soal sikap pemerintah daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ini agar aman dari COVID-19. Melalui Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 kata dia, bersama penyelenggara telah melakukan koordinasi untuk upaya pencegahan selama tahapan hingga puncak pelaksanaan Pilkada .

“Dan koordinasi sudah dilakukan melalui Satgas COVID-19 Daerah,” kata Sasingen yang juga sebagai Ketua Satgas COVID-19 Sitaro. Terkait kondisi ekonomi daerah akibat pandemi virus corona. Disampaikannya untuk upaya pemulihan cukup terkendala. Menurutnya, kondisi warga masyarakat maupun pelaku usaha kecil dan menengah sangat merasakan keterpurukan ekonomi tersebut.

“Terlebih warga masyarakat di daerah berharap pada hasil pertanian tanaman pala. Sementara pasar Eropa juga bergejolak akibat pandemi ini, selain Sitaro tidak memiliki lahan pertanian yang luas,” ucapnya. Kesempatan itu juga bupati menyampaikan terkait bantuan sosial agar menjadi perhatian. Sebab, adanya tumpang tindih bantuan bagi warga masyarakat.

“Di mana bantuan dari pemerintah pusat dan daerah perlu kesesuaian agar tidak tumpah tindih. Saya berharap menjadi perhatian, dan semoga juga menjadi perhatian pula soal transportasi antar pulau, karena saat ini juga masih menjadi kendala lain di daerah,” ucapnya kembali.

Sekedar informasi pada raker ini merupakan perdana bersama para pimpinan daerah di Sulut yang dipimpin Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni. Dengan raker itu digelar di Ruang C J Rantung Kantor Gubernur, dan Pjs Gubernur pun menyampaikan sejumlah hal, di antaranya soal Pilkada serentak, dan serapan anggaran.(sal)

Komentar

Terbaru