oleh

Eksplosive di Bitung 12, Kuhon Siap ke Manado Barat Daya

Manado, KOMENTAR – EKSPLOSIVE kata yang selalu disampaikan memotivasi perangkat pelayanan, begitu pula kinerja sehari-hari Pdt Henry Raymond Kuhon MTh selama menjadi ketua Wilayah Bitung 12 dalam waktu 6 tahun 8 bulan.
Di Oktober ini Pdt Heraku panggilan akrabnya bersiap mutasi menjadi Ketua Wilayah Manado Barat Daya dalam bulan ini.
Ibadah syukur dalam rangkaian persiapan mutasi ikut dilaksanakan setelah pelaksanaan Sidang Majelis Wilayah B12 bulan Oktober di pantai Kambahu.
Pdt Heraku dalam laporan Ketua BPW dikemas apik dengan judul ‘Historis Empiris Periode Pelayanan 2018-2020’, dibaca sendiri dengan intonasi dan diksi yang asyik.
Tak pelak, laporan setebal 6 halaman itu mampu mencairkan plus mengharubiru peserta sidang maupun anggota jemaat Efrata 1 yang ikut datang dalam kegiatan, yang tetap patuh pada protap Covid – 19 itu.
Ia mengapresiasi perjalanan pelayanan di wilayah paling bungsu di rayon Bitung ini, literasi dengan gaya bertutur sangat mumpuni, Pdt Heraku menunjukan ketelatenan dan disiplinnya, terbukti rangkaian kegiatan pelayanan dapat ditampilkan dengan runut dan detil.
Meski seperti biasa ia tetap low profile, sebagaimana kalimat di bagian akhir, ‘’Laporan ini jauh dari sempurna, ada kata kalimat menyinggung membias, menusuk dan menerjang, mungkin terlalu subjektif, mesti berjiwa besar, maaf segala maaf untuk semua yang salah yang telah teralami bersama,’’ pungkas suami Pdt Adeleida Tampi STh Ketua BPMJ Efrata 1, yang juga sama-sama mutasi dan menjadi Ketua BPMJ Imanuel Bahu.
Kilas balik, Pdt Kuhon Ketua Wilayah yang pertama di Wilayah Bitung 12 pemekaran dari Wilayah Bitung 2, meski begitu dengan mengandalkan filosofi kerja smart, full enjoy and smile dan jangan bikin beban, maka ia boleh dikata berhasil membangun kerjasama dan kolaborasi dalam 7 jemaat di wilayah ini.
Banyak prestasi yang diraih wilayah ini termasuk dalam kegiatan sinodal, yang paling anyar di HUT GMIM Bersinode 2019 silam, koor pelsus Wilayah ini berhasil meraih gold sekaligus tercatat paling tinggi di antara wilayah yang ada di kota Bitung.
Olehnya saat diminta memberi sambutan singkat, baik Pdt Selvy A Mapasa STh maupun penasehat BPW Pnt Give Mose sama-sama mengapresiasi kinerja Kuhon, dan tetap memberi suport agar semangat dan kinerja yang hebat dalam Tuhan dapat terus ditunjukkan ke depan.
“Tetap sukacita melayani dalam susah pun senang, pasti kami topang dan doa,” sebut Pdt Selvy.
Dan di mata Mose selama ini Pdt Heraku berhasil meletakan dasar yang baik bagi perjalanan pelayanan wilayah Bitung 12.
‘’Saya ikut menyaksikan bagaimana mula-mula perjuangan bersama mewujdukan terbentuknya wilayah ini termasuk ikut dalam kerja pelayanan di periode pertama,’’ tukas Mose yang tercatat sebagai Sekertaris Wilayah Bitung 12 yang pertama setelah dimekarkan.
Ikut hadir dalam ibadah syukur, perangkat BPW Bitung 12, Ketua BPMJ 7 Jemaat, Pelsus, Penasehat BPW, BP2W, Pegawai Wilayah dan anggota jemaat. Semua membaur dalam kebersamaan dan keakraban, meski terlihat raut wajah yang terasa berat melepas pergi keluarga Kuhon-Tampi.
‘’Jujur kami masih suka bersama dengan Pendeta Kuhon dan Ibu Pendeta Ade, namun kami juga harus merelakan karena ini bagian dari kerja pelayanan, kami doakan tetap penuh semangat di jemaat dan wilayah yang baru,’’ sebut Pnt Sutomo Parera, penasehat BPW B12, yang di periode pertama sebagai Wakil Ketua BPW 12.(*/rls)

Komentar

Terbaru