oleh

Kumulatif Kasus Positif Covid-19 di Kotamobagu Tembus 100 Orang

Kotamobagu, KOMENTAR – Tingkat disiplin masyarakat Kota Kotamobagu dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi ini, tampaknya harus lebih ditingkatkan. Hal ini menyusul masih terus bertambahnya jumlah warga yang terpapar virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 (C-19). Sampai Minggu (11/10) jumlah kasus positif C-19 secara kumulatif sudah tembus 100 orang! Tepatnya, 101 orang.

Meski demikian, jumlah kesembuhan pun terus meningkat. Bahkan, bila dilakukan perbandingan, jumlah kasus sembuh terbilang lebih cepat dari pada penambahan kasus positif. Tercatat, secara total atau kumulatif yang sudah sembuh jumlahnya mencapai 70 orang hingga kemarin. Sedangkan kasus aktif berjumlah 24 orang (seluruhnya menjalani isolasi mandiri).

Demikian antara lain data epidemiologi yang dikeluarkan tim Satgas C-19 Kotamobagu. Dalam data itu disebutkan, terdapat penambahan satu kasus baru terkonfirmasi positif C-19. Bersangkutan adalah seorang perempuan berusia 41 tahun, alamat Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat.

“Pasien tersebut semula menunjukkan tanda reaktif pada saat dilakukan rapid test. Selanjutnya dilakukan swab test dan hasilnya menunjukkan positif C-19,” sebut jurubicara Satgas C-19 Kotamobagu, dr Tanty Korompot MMKes melalui siaran pers yang diterima KOMENTAR, Minggu (11/10).

Dalam siaran pers itu juga dinyatakan ada enam orang yang sembuh, setelah dua kali dilakukan tes usap atau swab test. Mereka yang sembuh ini, masing-masing kasus 062 perempuan (28), alamat Kelurahan Matali; kasus 068 laki-laki (30), Gogagoman; kasus 075 laki-laki (66), Mogolaing; kasus 077 perempuan (57), Sinindian; kasus 079 perempuan (21), Sinindian; dan kasus 082 yang beralamat Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Selain itu, dalam siaran pers tersebut juga diketahui kalau total seluruh pelaku perjalanan sebanyak 3.159 orang. Dari jumlah itu, terdapat satu orang pelaku perjalanan yang masih dalam pemantauan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu.

Akan halnya jumlah suspek  sampai saat ini, sebanyak delapan orang. Rinciannya, satu orang dirawat di RSUD Kandou Manado, satu lainnya dirawat di RS Wolter Mongisidi, serta enam orang menjalani isolasi mandiri.  Data lain juga menunjukkan tentang jumlah Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT). Di mana, dalam siaran pers menyebutkan, ada 411 orang KERT yang sudah selesai menjalani karantina.

“Masyarakat harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini,” pinta jurubicara tim Satgas C-19 Kotamobagu, dr Tanty, kemarin.(cop)

Komentar

Terbaru