oleh

Sekda Sebut Pilkada Harus Sukses

Sitaro, KOMENTAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Herry Bogar mewakili Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye dan Potensi Sengketa di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, pekan lalu. Sekda menyebutkan bahwa Pilkada ini harus sukses.

“Karena Pilkada adalah agenda nasional yang harus kita sukseskan,” sebut Sekda dalam sambutan saat membuka kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sitaro tersebut. Pilkada berkaitan erat dengan stabilitas daerah. Maka dari itu Sekda menuturkan, stabilitas daerah harus dijaga hingga puncak tahapan mendatang. “Sehingga tetap dalam kondisi kondusif, aman dan damai,” ujarnya.

Sebelum itu, Sekda menyampaikan ucapan terima kasih ke Bawaslu Sitaro yang telah menggagas sekaligus melaksanakan kegiatan ini. Menurut dia, Pemkab Kepulauan Sitaro siap membantu tugas Bawaslu Sitaro dalam rangka suksesnya kegiatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Dan diharapkan dalam setiap tahapan Pilkada harus disiapkan dengan baik, termasuk wajib mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku,” tuturnya. “Tugas dan wewenang pemerintah daerah di garis bawahi untuk mengawal,  menfasilitasi dan memantau  penyelenggaraan pemilihan umum yang dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu secara berkesinambungan,” imbuhnnya. Di satu sisi dirinya berujar, bahwa Pilkada tahun ini memang sangat berbeda dengan kontestasi demokrasi sebelumnya. Di mana pembedanya pada kondisi Pilkada yang berlangsung di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

“Karena dilaksanakan dalam situasi Pandemi COVID-19, maka dari itu diharapkan soal protokol kesehatan wajib menjadi perhatian selama proses atau tahapan berlangsung,” ucapnya. Sambil berharap  melalui rakor ini sekiranya dapat membahas hal-hal penting terkait tahapan kampanye dan potensi sengketa yang tentu diharapkan tidak terjadi.

Hadir pada rakor ini unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), KPU Sitaro, Camat se-Siau, dan anggota partai politik. Sekaligus sebagai pamateri pada dari KPU Provinsi Sulut, dan Pihak Bawaslu Sitaro.(sal)

Komentar

Terbaru