oleh

RSD Liung Kendage Klaster Baru di Sangihe

Sangihe, KOMENTAR – Rumah Sakit Daerah (RSD) Liung Kendage di Kabupaten Kepulauan Sangihe ditetapkan menjadi klaster baru penyebaran virus corona.

Hal itu akibat penambahan dua kasus pasien positif terpapar penyakit Coronavirus Disease (COVID-19) yang merupakan pegawai dari rumah sakit tersebut.

“Penetapan klaster tersebut dilihat dari adanya transmisi lokal yang terjadi di lingkungan terkait,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dr Joppy Thungari MKes, Senin (12/10).

“Jadi penetapan transmisi lokal, di mana syaratnya telah terjadi penyebaran di suatu lingkungan atau wilayah tertentu,” sambungnya.

Sementara mengantisipasi, Thungari mengatakan pihaknya telah melakukan upaya preventif melalui pengambilan sampel swab awal Oktober. Menurut dia, satgas masih menunggu hasil swab yang jumlahnya mencapai belasan.

“Untuk tindakan selanjutnya menunggu hasil sampel swab yang sudah dikirim ke laboratorium di Manado,” tandasnya. Diketahui saat ini sudah ada lima orang pegawai rumah sakit yang dinyatakan positif COVID-19. Di mana dua orang merupakan tenaga medis dan tiga orang lainnya merupakan tenaga administrasi.(bon)

Komentar

Terbaru