oleh

Command Center Kotamobagu Diproyeksi Hadir Tahun 2021

Kotamobagu, KOMENTAR – Setelah batal dikerjakan pada tahun ini, menyusul hantaman pandemi Covid-19, akhirnya proyek pembangunan fasilitas Command Center Kotamobagu kembali mendapat titik terang. Proyek prestisius di bidang teknologi informasi ini, diproyeksi akan hadir tahun depan. “Insya Allah tahun 2021 mendatang, Command Center dapat terealisasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagi, Ahmad Yani Umar SE, Selasa (13/10).

“Proyek ini sebenarnya sudah kita anggarkan melalui APBD Tahun 2020 ini. Tetapi karena terjadi pandemi Covid-19, berdampak pada banyak kegiatan yang sudah diprogramkan. Salah satunya, rencana pembangunan fasilitas command center,” jelas Yani.

Ia menyebut, anggaran pembangunan command center yang semula dialokasikan dalam APBD 2020 sebesar Rp700 juta, itu telah digeser ke penanggulangan Covid-19. Anggaran sebesar itu pula yang akan diproyeksikan pada kegiatan tersebut tahun depan. “Anggarannya masih tetap sama, Rp700 juta, akan kita usulkan ke dalam APBD Tahun 2021,” sebutnya.

Selain membangun fasilitas command center, menurut dia, ada kegiatan lain pula yang akan dikerjakan Diskominfo, dalam rangka melengkapi Data Center Kotamobagu. Ia menyebut dua pekerjaan lainnya yang juga bakal dikerjakan tahun depan. Yaitu, penyusunan master plan smart city, dan penyusunan rencana induk Sisitem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menurutnya, nanti akan dibuat semacam mall pelayanan publik. “Semuanya akan datang mengurus di sini, dan semua data dan informasi akan disatukan di command center, sebab kita sudah miliki data center,” tukas Yani sambil menambahkan, jika anggaran sudah tersedia, barulah akan dilelang.(cop)

Komentar

Terbaru