oleh

Penggantian 27 Kumtua Tepat Untuk Pelihara Netralitas

-Minsel-111 views

Amurang, KOMENTAR – Senin (12/10) malam, Penjabat Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala melakukan penggantian 27 Pelaksana tugas (Plt) Hukum tua (Kumtua). Selain Kumtua, turut diganti satu camat dan Kadis PU. Penggantian ini mampu mempertegas netralitas di pemerintahan Minsel. Selain juga menstabilkan jalannya pemerintahan yang sempat ada percobaan pembangkangan dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Penggantian Kumtua juga menjadi pembuktian janji Onibala membabat pejabat tidak tau aturan dengan aturan. Tindakan tegas ini sebagai wujud mempertegas dan melancarkan pemerintahan di Minsel. Tindakan tegas sangat diperlukan mengingat beratnya tugas yang diemban oleh penjabat bupati untuk mensukseskan Pilkada dan mencegah penyebaran pendemi Covid-19.

“Pergantian jabatan adalah hal biasa sebagai sebuah penyegaran. Ini juga bagian untuk menjaga netralitas pemerintahan, selain juga melancarkan jalannya pemerintahan di Minsel. Sinergitas juga sangat penting demi pemerintahan yang sehat, apalagi dalam menghadapi Pilkada di tengah Pendemi Covid-19,” ujar Onibala.

Demi keberlangsungan pemerintahan, tidak menutup kemungkinan pergantian Plt Kumtua akan dilanjutkan. Bahkan bukan tidak mungkin pergantian jabatan menyasar pejabat eselon II terkait ketidaknetralan pada Pilkada sesuai rekomendasi Bawaslu.

Tindakan tegas Onibala mendapatkan apresiasi dari sejumlah tokoh masyarakat Minsel. Bahkan diharapkan pembabatan pejabat yang menjadi ‘tim sukses’ perlu dilanjutkan demi menjaga netralitas pemeritahan. “Sudah sangat tepat dengan apa yang dilakukan Pjs Onibala melakukan pergatian. Karena seperti yang dikatakan beliau ‘ngoni pe lenggang kita so tau’, banyak yang sudah merangkap menjadi tim sukses. Dan kami rasa juga ini merupakan hasil dari pemeriksaan Dandes,  bukan tidak mungkin sudah ada temuan,” ujar Ketua GMPK Jhon Senduk.

Begitu pula disampaikan oleh tokoh pembentukan Minsel Inyo Koloay. Menurutnya di Minsel memang sudah sangat diperlukan adanya perubahan. “Dengan adanya pergantian pejabat baik di desa maupun struktural di Pemkab, akan memperbaiki birokrasi di Minsel yang hancur lebur selama beberapa tahun di belakang. Pastinya juga pak Onibala melakukan pergatian berdasarkan kajian yang matang sebab dia birokrat matang dengan pengalaman,” kuncinya.(vtr)

 

Berikut Nama-nama Penjabat Yang Dilantik

  • Kecamatan Motoling Timur

– Desa Karimbow Jemmi Saronsong

– Desa Karimbow Talikuran Rinny Assa

– Desa Picuan Lama Ricard Timporok

– Desa Tokin Baru Jessi Karuh

– Desa Malola Satu Cainly Liando

– Desa Makasili Lolombulan Helie Tumanduk

– Desa Lalumpe Villani Kewo

-Desa Raanan Lama Juel Tuar

 

  • Kecamatan Ranoyapo

– Desa Mopolo Franklin Mokoagow

– Desa Ranoyapo Veronika Roong

– Desa Lompad Baru Welly Pajow

– Desa Kotamenara Sixfri Lengkong

– Desa Lopana Hizkia Tuwo

– Desa Teep Andre Pangkey

– Desa Liningaan Jenly Sumaraw

– Desa Tumani Selatan Meike Lombogia

– Desa Lowian Satu Stelma Turangan

– Desa Bojo Alke Mamengko

– Desa Torout Jhonli Wenas

– Desa Raratean Feybei Sampow

– Desa Pinaesaan Linda Kambey

– Desa Kinalawiran Romel Malingkas

– Desa Pinapalangkow Pingkan Lengkei

– Desa Koreng Emma Lengkong

 

  • Kecamatan Tenga

– Desa Tawaang Barat Recki Lantang

– Desa Sulu Sefnat Korobitua

– Desa Tumpaan Satu Tieke Dotulong

 

– Plt. Kadis PU Herry Runtuwene

– Camat Motoling Timur Ifke Pondaag

– Dir. PDAM Frangki Mamengko

– Dir. PD CWE Harvan Boki

Komentar

Terbaru