oleh

PLTD di Pulau Kawaluso Resmi Beroperasi

Sangihe, KOMENTAR – Selama ini warga yang bermukim di Kepulauan Kawaluso, Kecamatan Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe hanya mengandalkan alat genset sebagai pemasok sumber daya kelistrikan. Namun kedepan masyarakat di wilayah kepulauan Sangihe tersebut sudah dapat menikmati aliran listrik setelah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) secara resmi beroperasi, Senin (12/10).

“Dengan beroperasi PLTD disini, diharapkan apa yang kita sudah siapkan dapat dioptimalkan oleh masyarakat yang sudah menjadi pelanggan PT PLN,” ujar Manajer PT PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken. Meski menurut Tumaken, operasional PLTD tersebut belum sepenuhnya 1×24 jam, sejauh ini durasi operasional baru enam jam. Namun ia menyatakan akan ditingkatkan secara bertahap.

“Berprosesnya bertahap untuk jam operasional, karena kami sudah pastikan hal itu,” ucapnya. Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana mengapresiasi langkah yang dilakukan PT PLN UP3 Tahuna dengan beroperasinya PLTD di Kawaluso ini. Karena menurut Bupati Gaghana ada 217 kepala keluarga (KK) yang bermukim di wilayah tersebut.

“Sekiranya dengan kehadiran PLTD ini, taraf hidup masyarakat akan meningkat,” sebut Gaghana. Manajer ULP Petta Montecarlo Mangero menyebutkan, jika dari data awal tercatat sebanyak 150 pelanggan yang mendaftar dari total 217 kk. “Dan untuk listrik prabayar saat ini sudah ada 37 KK yang sudah dialiri listri,” sebut Montecarlo.

“Sisanya, baik instalasi dan sambungan rumah atau SR-nya sudah terpasang. Tinggal tunggu biaya administrasi pasang baru, serta sertifikat layak Operasi (SLO). Kami beharap, semua KK akan bersedia menjadi pelanggan listrik prabayar ini,” ujar sebutnya kembali.(bon)

Komentar

Terbaru