oleh

Pujian Doni Monardo Soal Pengendalian COVID-19 di Sitaro

Jakarta & Sitaro, KOMENTAR – Ketua Satuan Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 Nasional, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengapresiasi sekaligus memuji upaya penanganan virus corona di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Monardo menilai, daerah 47 Pulau ini termasuk daerah yang dapat mengendalikan penyebaran virus tersebut.

“Sitaro termasuk daerah yang tergolong berhasil dalam upaya pengendalian virus corona. Hal ini harus terus dipertahankan,” ujar Monardo dari rilis yang diterima ketika bertemu langsung dengan Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen di puncak kegiatan peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Aula Sutopo Purwo Nugroho Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (13/10). Sementara berdasarkan data zonasi penyebaran COVID-19, Sitaro termasuk salah satu daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang berada di zona kuning. Di mana zona kuning ini merupakan wilayah dengan tingkat penyebaran virus yang tergolong rendah.

Selain sudah sebulan lebih, Sitaro tetap berada pada posisi nol kasus pasien terkonfirmasi COVID-19. Lanjut Kepala BNPB ini menyatakan agar upaya pengendalian penyebaran virus harus terus ditingkatkan. Sekaligus pemerintah daerah diminta terus membangun kerjasama dengan warga masyarakat dan stakeholder lainnya dalam upaya penanganan yang lebih masif.

“Karena dengan adanya penguatan kerja sama semua pihak, maka upaya penanganan dapat dilaksanakan secara maksimal,” ucapnya. Selain dirinya mengimbau pemerintah daerah harus terus mengedukasi warga masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

“Karena dengan cara itu dapat meningkatkan pemahaman warga masyarakat,” ucapnya. Sembari menyampaikan permohonan maaf kepada Pemkab Kepulauan Sitaro dan warga masyarakat, karena sampai saat ini belum sempat mengunjungi sekaligus melihat secara dekat keberadaan Gunung Api Karangetang.(sal)

Komentar

Terbaru