oleh

35 Casis Bakomsus Berbagai Disiplin Ilmu Jalani Tes TKK

-Hankam-34 views

Manado, KOMENTAR – Calon Siswa (Casis) Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) peserta seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 di tingkat Panitia Daerah Sulut, Rabu (14/10) kemarin, menjalani Tes Kompetensi Keahlian (TKK) Aspek Keterampilan dan Perilaku.

Tes tersebut diikuti oleh 35 Casis, seluruhnya pria dari berbagai disiplin ilmu. Antara lain bidang Teknologi Informasi terdiri dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Komputer dan Informatika, Multimedia dan Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Teknik Elektro yang berjumlah 31 orang. Kemudian Teknik Pelayaran 2 orang, serta Hukum (Penyidik) dan Tata Boga masing-masing 1 orang.

Tes dilaksanakan di lokasi berbeda. Untuk bidang Teknologi Informasi dilaksanakan di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Manado, dan Teknik Pelayaran di Mako Ditpolairud Polda Sulut, Bitung. Kemudian untuk bidang Hukum di ruang Biro SDM Polda Sulut, dan Tata Boga di SMK Negeri 3 Manado.

Dalam pelaksanaan tes, para peserta diuji kemampuan dan keterampilan sesuai bidang ilmunya melalui praktek secara langsung. Misalnya, untuk bidang Teknologi Informasi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, peserta diminta merancang sekaligus membuat jaringan antar komputer.

Tes dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh Casis diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Jalannya tes turut diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal dari Itwasda dan Bidpropam, serta Tim Pengawas Eksternal (LSM Gerbin). Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam tiap seleksi di lingkungan Polri.(by)

Komentar

Terbaru