oleh

Dispar Sangihe Gulir Pelatihan Tata Kelola Destinasi

Sangihe, KOMENTAR – Dinas Pariwisata (Dispar) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggulir kegiatan pelatihan tatakelola destinasi pariwisata, Rabu (14/10). Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan memberikan hasil dan manfaat. Seperti makin terlatih para perangkat kampung atau masyarakat dan anggota pengurus kelompok sadar wisata di destinasi yang ada di Sangihe,” ungkap Kepala Dispar Sangihe Jeffry Tilaar.

“Selain diharapkan SDM makin mahir dalam mengelola destinasi yang ada,” imbuhnya. Adapun pelatihan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari 13 kampung, dengan waktu pelaksanaan selama tiga hari dari 14-16 Oktober. Bupati Kepulauan  Sangihe, Jabes E Gaghana yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Olga Makasidamo menyampaikan apresiasi terhadap program kerja dari Dispar. Di mana telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

”Dari pelatihan ini pasti membuahkan hasil yang baik dan dapat kita aplikasikan untuk mendukung pengembangan pariwisata yang ada di daerah,” ujar Makasidamo. Kemudia Makasidamo menyatakan bahwa Sangihe memiliki potensi dan kekayaan sumber daya alam yang beraneka ragam.

Dengan potensi pariwisata yang sangat baik, dan itu dapat dijadikan destinasi wisata di daerah. “Bahkan kekayaan adat istiadat dan budaya serta kuliner yang ada dapat dijadikan daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang berkunjung ke Sangihe,” ucapnya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan output yang mampu mendongkrak pengembangan pariwisata di Sangihe. “Agar objek wisata tidak hanya dikunjungi secara musiman tetapi akan terus menerus secara berkelanjutan, menjadi destinasi atau tujuan wisata para turis,” ucapnya kembali.(bon)

Komentar

Terbaru