oleh

Humiang : Pala, RT dan THL Harus Netral

-Bitung-36 views

Bitung, KOMENTAR – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bitung, Edison Humiang benar-benar ingin mewujudkan proses Pilkada serentrak di Kota Bitung tanpa campur tangan ASN, Tenaga Harian Lepas (THL), Kepala Lingkungan (Pala) dan ketua Rukun Tetangga (RT).

Setelah melakukan penandatanganan pakta integritas netralitas ASN jajaran Pemkot Bitung, Selasa (13/10/2020), Asisten I Pemprov Sulut ini menerbitkan Surat Edaran Nomor:008/558/WK tentang Netralitas Pala, ketua RT dan THL di Lingkungan Pemkot Bitung pada tahapan Pilkada serentak 2020.

Dalam surat edaran itu, Edison menegaskan jika Pala, RT dan THL yang notabennya sebagai unsur pembantu penyelenggara pemerintahan yang diangkat oleh Pemkot Bitung agar menjaga netralitas.

“Pala RT dan THL merupakan bagian dari pemerintah yang digaji lewat APBD. Sehingga wajib hukumnya untuk bersikap dan menjaga netralitas,” kata Edison.

Selain itu, dalam surat itu, mantan Sekretaris Daerah Kota Bitung ini meminta kepada pimpinan unit kerja masing-masing melakukan pengawasan terhadap para Pala, ketua RT dan THL dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada.

“Jika terbukti tidak netral, jangan ragu untuk memberikan sanksi sesuai prosedur. Dan saya berharap Pala, RT dan THL tetap fokus melayani masyarakat karena memang digaji untuk itu, bukan untuk ikut-ikutan berpolitik,” tegasnya.(epa)

 

Point Surat Edaran:

* Menjalankan tugas fungsi dalam pelayanan dengan tidak diskriminatif terhadap warga dan/atau golongan masyarakat tertentu.

* Mengawasi dan Menjaga situasi kondisi tetap kondusif di Wilayah kerja masing-masing.

* Tidak melakukan/melibatkan diri dalam kegiatan yang mengarah kepada keberpihakkan terhadap salah satu pasangan calon Walikota/Wakil Walikota pada pilkada serentak Tahun 2020.

* Menggunakan media sosial dengan bijak, tidak untuk kepentingan salah satu pasangan calon tertentu dan tidak menyebarkan berita bohong serta ujaran kebencian.

* Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

* Menjaga asas demokratis.

Komentar

Terbaru