oleh

Panselda Ingatkan Adanya Oknum Memanfaatkan Situasi Jelang Pengumuman, Pelamar CPNS Diminta Hati-hati

-Mitra-21 views

Ratahan, KOMENTAR – Setelah diperolehnya kepastian waktu pengumuman hasil seleksi penerimaan CPNS di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yakni pada 30 Oktober mendatang, para pelamar diingatkan untuk waspada dan hati-hati dengan kemungkinan adanya oknum tak bertanggungjawab yang hendak memanfaatkan situasi dalam hal ini masa-masa menunggu pengumuman untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Warning ini disampaikan Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Penerimaan CPNS Kabupaten Mitra, sebagaimana diutarakan Sekretaris Daerah David Lalandos AP MM sebagai Ketua Panselda, didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rine Komansilan, selaku Sekretaris Panselda.

“Kami ingatkan kepada para pelamar CPNS untuk mewaspadai masa menunggu pengumuman kelulusan, karena situasi ini bisa saja dimanfaatkan oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan pribadi,” kata keduanya dalam wawancara dengan harian ini, Rabu (14/10).

Modus operandi yang digunakan oknum tak bertanggungjawab itu, kata Sekda, adalah dengan mendatangi peserta seleksi dengan menawarkan kepastian diterima menjadi CPNS dengan catatan menyetor sejumlah uang dengan nilai fantastis.

“Jadi seolah-olah masa-masa menanti pengumuman ini dengan tahapan integrasi nilai capaian para peserta, bisa dimanfaatkan dan diintervensi sekaligus dirubah,” tuturnya. Menurut Sekda, hal ini yang perlu diwaspadai baik oleh pelamar CPNS yang merasa diri memenuhi passing grade atau juga yang tidak. “Sebab tawaran ini diberikan bagi siapa saja,” ungkapnya.

“Yang pasti, kami tegaskan pada kesempatan ini bahwa semua tahapan seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Mitra dilaksanakan secara objektif, transparan, dan tanpa intervensi, sehingga nilai yang didapat benar-benar murni hasil capaian pelamar itu sendiri. Tidak ada pungutan, apalagi mematok jumlah,” imbuhnya.

“Dan bahkan, bila ada peserta seleksi yang mengalami hal tersebut yakni didatangi oknum dengan modus yang kami jelaskan tadi, silahkan melapor untuk selanjutnya kita teruskan ke aparat kepolisian supaya dapat diproses oknum-oknum penipu itu,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, hasil seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Mitra bakal diumumkan pada 30 Oktober mendatang. Demikian antara lain hasil pertemuan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) penerimaan CPNS dengan Panitia Seleksi Daerah (Panselda) yang digelar lewat video conference.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian di BKPSDM, Enrico Ryan Sarilim SH menjelaskan, mendahului pengumuman tersebut maka akan dilaksanakan integrasi nilai yang dicapai oleh para peserta seleksi penerimaan CPNS, baik yang dicapai pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).(ftj)

Komentar

Terbaru