oleh

9 Anjing Pelacak Unit K-9  Disiagakan Amankan Pilkada

-Hankam-50 views

Manado, KOMENTAR – Seluruh kemampuan aparat kepolisian dalam menghadapi pengamanan Pilkada Serentak 2020, nampaknya akan direalisasikan. Buktinya selain kekuatan personil dan alat pendukung, kemampuan anjing pelacak pun siap diterjunkan.

Hal ini dibuktikan dengan latihan serta simulasi dari Unit K-9 Direktorat Samapta Polda Sulut, yang disaksikan langsung Kapolda Sulut, Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak didampingi sejumlah pejabat utama, Kamis (15/10) di lapangan upacara Mapolda.

Kapolda turut melakukan pengecekan meliputi kondisi dan kemampuan spesifik 9 ekor anjing pelacak, peralatan, serta kecakapan para personil Unit K-9 yang ditugaskan sebagai pawang. Kapolda turut menyaksikan simulasi anjing pelacak saat bertugas di lapangan, yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Antara lain pelacakan umum, pelacakan narkoba, pelacakan bahan peledak, pengendalian massa (dalmas) dan SAR.

Kapolda dalam arahannya meminta kepada personil Unit K-9 agar melakukan latihan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan anjing pelacak tersebut. “Tentunya juga dengan perawatan yang baik dan sesuai prosedur. Supaya kalau sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu tugas kepolisian di lapangan, maka Unit K-9 sudah siap,” tegas Kapolda.(oby)

Komentar

Terbaru