oleh

KPU Tetapkan DPT, Pemilih Terbanyak Ada di Kecamatan Belang

Ratahan, KOMENTAR – Satu lagi tahapan dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak khususnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut 2020 ini, dituntaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Tahapan tersebut adalah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Penetapan DPT ini dilakukan KPU dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan DPT Pilgub Sulut 2020 yang digelar KPU Kabupaten Mitra, Kamis (15/10).

Data dan informasi yang berhasil dirangkum harian ini menyebut, DPT untuk Kabupaten Mitra berjumlah 85.378 pemilih yang tersebar di 12 kecamatan, 144 desa kelurahan, dan dibagi dalam 280 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari jumlah DPT tersebut, pemilih paling banyak ada di Kecamatan Belang dengan total 12.344 pemilih.

DPT Kabupaten Minahasa Tenggara di Pilgub Sulu 2020.

Hal ini cukup wajar karena Kabupaten Mitra menjadi Kecamatan dengan jumlah desa paling banyak yakni 20 desa. Sementara untuk pemilih paling sedikit ada di Kecamatan Touluaan Selatan, yakni hanya 3.504 pemilih atau 28 persen dari jumlah pemilih Kecamatan Belang.

“Dibanding dengan DPS, maka ada pengurangan seribu lebih pemilih pada DPT ini. Hal tersebut karena kita membersihkan yang pemilih yang sudah meninggal dunia, dan juga pemilih ganda,” kata Komisioner KPU Mitra Divisi Data, Drs Johnly Pangemanan MSi, usai rapat pleno tersebut.

Rapat Pleno ini dipimpin Ketua KPU Mitra, Wolter Dotulong SH, didampingi para komisioner KPU yakni Otnie Tamod SPt, Otniel Wawo, dan Pangemanan, dan dihadiri lengkap oleh Ketua dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mitra, saksi pasangan Cagub-Cawagub, serta dari unsur pemerintah dalam hal ini Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ir Elly Sangian ME, disaksikan personel dari KPU Sulut.(ftj)

Komentar

Terbaru