oleh

Baksos Bakamla RI ZTM Baksos di Sangihe

Sangihe, KOMENTAR – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia Zona Maritim Tengah mengunjungi Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Cegah Tanggap Tahun 2020.

Pada baksos ini pihak Bakamla menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Puskesmas Kecamatan Tahuna Timur dan Kelurahan Tidore, serta membagikan 350 paket sembako kepada warga Kelurahan Tidore.

Kepala Bakamla RI Zona Maritim Tengah, Laksamana Leonidas Braksan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Bakamla RI bersama BNPD dan Kementerian Sosial RI. “Jadi ini bentuk kepedulian dari Bakamla dan sinergitas pihaknya terkait lainnya,” ungkap Braksan. Kemudian ia mengatakan kalau di wilayah perkotaan penyaluran bantuan itu mudah karena banyak alat transportasi. Akan tetapi proses penyaluran bantuan di wilayah perbatasan atau pulau terdepan sedikit cukup terkendala.

“Apalagi kan agak susah dan sulit terlebih lagi kalau cuacanya tidak memungkinkan,” ucapnya. Ia mengatakan baksos ini bentuk perhatian bagi warga, dengan penyerahan bantuan seperti sembako, dan bantuan yang sifatnya untuk pemenuhan kesehatan masyarakat setempat.

“Dan baksos ini dilaksanakan di tiga wilayah. Sebelumnya kita di Kecamatan Sere, kemudian di Sangihe dan selanjutnya di Kabupaten Kepulauan Talaud. Masing-masing sesuai permintaan, jadi ada 600 paket sembako, 400 paket dan di Sangihe sebanyak 350 paket sembako,” tandasnya

Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menyampaikan, apresiasi kepada Bakamla RI yang telah membantu warga di Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe saya ucapkan terimakasih kepada Bakamla dan Kementerian Sosial, dan BNPB yang telah mengunjungi daerah perbatasan dan membawa berkah kepada kami, secara khusus di Kelurahan Tidore,”ungkap bupati.

Bantuan ini seiring adanya pergumulan dunia, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe akibat pandemi COVID-19 yang berdampak luar biasa pada tatanan kehidupan yang ada. “Kiranya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di Kelurahan Tidore yang terdampak COVID-19,” kata Jabes.(bon)

Komentar

Terbaru