oleh

Cuaca Ekstrim, Bupati Himbau Warga Waspada

-Minsel-15 views

Amurang, KOMENTAR – Beberapa pekan belakangan ini Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dilanda cuaca tak bersahabat. Karenanya warga dimintakan dapat waspada dengan hujan lebat dan angin kencang yang hampir tiap hari terjadi. Terutama mereka yang tinggal di daerah rawan terjadi bencana.

“Kepada warga kami mintakan dapat lebih waspada dengan cuaca ekstrim saat ini. Apalagi yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor, sebab dengan cuaca seperti sekarang sewaktu-waktu bencana dapat terjadi. Sebisa mungkin menghindar di tempat lebih aman,” sebut Penjabat Bupati Minsel, Meiki Onibala.

Dia juga memperingatkan bagi nelayan untuk tidak terlalu memaksakan ke laut bila cuaca sedang ekstrim. “Kalaupun melaut kami sarankan tidak terlalu jauh dari pantai. Tetap koordinasi dengan pihak kepelabuhan dan dinas perikanan untuk mengetahui ramalan cuaca. Sehingga bisa terhindar terjebak dengan laut ektrim,” paparnya.

Sementara itu untuk dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial, Pol PP dan Dinas PU bersiap-siap bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Persiapan berupa peralatan maupun bahan makanan darurat. Jangan sampai terjadi penanganan yang terlambat.

“Semua harus siaga sesuai bidang masing-masing. Alat-alat berat di PU harus disiapkan, bagitu pula bantuan tanggap darurat di Dinas Sosial. Jadi perlu adanya tim yang bisa bergerak cepat dan tepat. Secepatnya saya akan koordinasikan mengingat cuaca ekstrim,”pungkas Onibala.(vtr)

Komentar

Terbaru