oleh

AKBP Henzly Moningkey Jabat Kapolres Minahasa

Manado, KOMENTAR – Kurang lebih 5 bulan tertundanya pelaksanaan upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Minahasa, kini pimpinan Polres Minahasa resmi berganti melalui upacara sertijab yang digelar di Aula Tribrata Polda Sulut, Senin (19/10).

Sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, jabatan Kapolres Minahasa diserahkan dari pejabat lama AKBP M. Denny I. Situmorang kepada pejabat baru AKBP Henzly Moningkey, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Force Police Unit (FPU) United Nations African Mission In Darfur (UNAMID) di Sudan, dan mantan komandan Den Gegana Brimob Polda Kaltara. Sedangkan pejabat lama dipromosikan sebagai Wakil Direktur Direktorat Samapta Polda Sulut.

AKBP Henzly Moningkey

Upacara sertijab ini dipimpin Kapolda Sulut, Irjen Pol R.Z Panca Putra Simanjuntak, yang ditandai dengan pengambilan sumpah kepada pejabat baru dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Sertijab.

“Saya atas nama pribadi dan jajaran mengucapkan terima kasih atas pengabdian AKBP Denny selaku Kapolres Minahasa. 1 tahun 7 bulan bukan waktu yang lama dan bukan juga waktu yang singkat. Mudah-mudahan pengalaman selama menjabat Kapolres menjadi bekal menapaki jenjang karir ke depan,” ujar Kapolda.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polda Sulut ini menyampaikan selamat datang kepada pejabat baru. Ia pun berharap, sebagai pimpinan baru di Polres Minahasa, dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta membangun kerja sama dengan pihak terkait.

“Saya minta selaku pejabat baru segera menyesuaikan diri, segera mengenali lingkungan, kenali masyarakat dimana anda akan bertugas. Terus bangun komunikasi dengan seluruh stake holder yang ada,” tegasnya.

Kapolda juga berharap agar terus meningkatkan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas, terutama saat ini yang sedang dihadapi diantaranya unjuk rasa (Unras) UU Cipta Kerja, pengamanan Pilkada Serentak dan pencegahan covid-19. “Laksanakan tugas dengan prinsip bekerja bersama-sama,” harapnya.

Kegiatan Sertijab ini menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan covid-19, dan dihadiri secara terbatas oleh personil Polda, diantaranya Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata, para PJU Polda, beberapa Kapolres dan beberapa perwakilan personel Polres Minahasa.

Sementara itu, pejabat baru Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey, merupakan salah satu putra daerah terbaik dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri. Moningkey dipercayakan pimpinan Polri untuk melaksanakan tugas misi kemanusiaan dan perdamaian sebagai Dansatgas FPU UNAMID, di Sudan, salah satu Negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Selama kurang lebih 1,5 tahun menjalankan tugas di wilayah konflik tersebut, Moningkey akhirnya menyelesaikan tugas sebagai pasukan FPU UNAMID melalui upacara purna tugas yang dilaksanakan September 2020.(oby)

Komentar