oleh

Pos Pengawasan Hutan di Mooat Tak Maksimal

Tutuyan, KOMENTAR – Setelah sekian tahun dibangun akhirnya keberadaan bangunan pos pengawasan hutan dikawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai menjadi bahan perbincangan masyarakat akhir-akhir ini.

Bagaimana tidak, pembangunan rumah untuk pos pengawasan hutan itu sudah menghabiskan uang negara, diperkirakan sampai ratusan juta rupiah. Tetapi sayangnya,  sampai sekarang pemanfaatan bangunan ini belum dimaksimalkan sebagaimana mestinya. Ada pun kedudukan bangunan tersebut tepat disamping badan jalan  Mooat-Atoga.  Tak heran, setiap sekian banyak masyarakat yang melintas dengan kendaraan melihat langsung ada atau tidak aktifitas petugas di pos jaga ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Sonny Warokka, kepada sejumlah wartawan belum lama ini mengakui keberadaan bangunan rumah yang dibangun untuk pos kehutanan tersebut dinilai mubazir. Menurut dia, bangunan ini memang hanya dibangun untuk digunakan petugas pengawasan hutan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Namun ia pun mempertanyakan entah kenapa belum dimanfaatkan.

”Sayang sekali, bangunan pos kehutanan itu tidak digunakan. Padahal, maksud dibangun agar petugas kehutanan provinsi lebih nyaman bertugas,  dan tentunya maksimal melakukan pengawasan hutan,” sentil Sekda yang juga mantan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Boltim.(emn)

Komentar