oleh

Pelayanan Prima ROR-RD Dipertanyakan, Urus KTP di Minahasa Bertahun-tahun

Tondano, KOMENTAR – Janji duet kepala daerah, bupati dan wakil bupati Minahasa, Royke O Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD) memberikan pelayanan prima kepada masyarakat ternyata hanya janji belaka.

Buktinya, pelayanan publik di sejumlah Satuan Perangkat Daerah (SKPD) masih banyak menuai keluhan masyarakat. Contohnya, pelayanan Dinas Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa. Keluhan ini terkait lamanya waktu yang dibutuhkan warga untuk mengurus berkas dan dokumen, terutama mengurus pembuatan e-KTP.

Bahkan, warga yang ingin mendapatkan e-KTP membutuhkan waktu Bertahun-tahun. Salah satu warga, Boby mengatakan bahwa sudah hampir dua tahun ia mengajukan berkas untuk mengurus e-KTP, tetapi hingga kini belum mendapatkan keptingan e-KTP.

“So lama skali ada ba urus mar blum dapa e-KTP. Dokumen yang ada cuma surat keterangan, ” ujarnya. Demikian juga dialami Hizkia warga Kawangkoan Barat yang mengaku urus e-KTP sejak Desember 2019. “Dari Desember kaluar de pe suket,” ujarnya.

Ia mengaku, sudah beberapa kali mendatangi kantor Dukcapil untuk mengecek berkas e-KTP nya namun pihak Dukcapil hanya beralasan stok blanko kosong.

“Sudah beberapa kali bolak-balik kantor dukcapil cuma pegawai basabar karna blangko kosong deng antrean juga banyak. Padahal saya sangat berharap mendapatkan e-KTP-ya karna akan dipakai untuk keperluan di bank, ” ujarnya.

Sayangnya pihak Dinas Catatan Sipil tidak dapat dikonfirmasi terkait hal ini. Kepala Disdukcapil Minahasa Lutfy Rumate ketika coba dihubungi via ponsel di 08218773xxxx untuk meminta tanggapannya enggan merespon.(bly)

Komentar