oleh

Penyaluran BLT DD Wajib Langsung Dipertanggungjawabkan

-Mitra-33 views

Ratahan, KOMENTAR – Hukumtua di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diminta untuk langsung mempertanggungjawabkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Hal ini penting untuk menghindari terjadinya penyimpangan dan mempermudah dalam monitoring. Selain itu, diharapkan pula supaya aparat pemerintahan desa menjalin koordinasi dengan instansi teknis.

Demikian antara lain disampaikan Inspektur Kabupaten Mitra, Dra Marie Makalow. “Waktu lalu kita telah menggelar monitoring dan evaluasi pemanfaatan dana desa salah. Salah satu rekomendasi kita adalah pemerintah desa wajib langsung mempertanggungjawabkan BLT DD setiap kali usai penyaluran,” ujarnya.

Makalow mengutarakan, kecenderungan saat ini bahwa pertanggungjawaban nanti disampaikan Hukumtua dalam beberapa kali penyaluran. “Tidak boleh lagi ada seperti itu. Setiap kali selesai penyaluran BLT DD langsung susun pertanggungjawabannya,” ungkapnya.

Rekomendasi lain yang juga disampaikan pihaknya, kata Makalow, adalah bahwa semua Hukumtua wajib menjalin koordinasi dengan instansi teknis terkait antara lain Dinas Sosial dalam penyaluran bantuan-bantuan yang sifatnya sosial.

Menurut Makalow, ada beberapa jenis bantuan yang diserahkan pemerintah kepada masyarakat, baik yang rutin berjalan maupun yang dikucurkan karena pandemi Covid-19, antara lain BLT DD, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang lain.

“Sudah disampaikan bahwa tidak boleh ada tumpang tindih dalam penyaluran bantuan. Maka dari itu Hukumtua wajib berkoordinasi dengan instansi teknis, menghindari penerima ganda yang bisa bermasalah di kemudian hari,” paparnya.(ftj)

Komentar