oleh

Pizza Sagu dari Sangihe Tampil di PSN

Sangihe, KOMENTAR – Sebanyak 15 jenis kuliner berbahan dasar sagu akan ditampilkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe di Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020. Salah satunya pizza sagu, kuliner yang akan tampil pada kegiatan yang akan berlangsung secara virtual tersebut. Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes E Gaghana menyatakan sudah sejak 2014 pangan sagu sudah ditetapkan menjadi milik Sangihe.

Hal itu pula telah bersertifikat serta mendapat pengakuan nasional. Sejatinya ada dua jenis sagu sejak dulu telah dikonsumsi masyarakat Sangihe, yaitu sagu duri yang biasanya ditemukan di lahan basah dan sagu baru, tanaman yang biasa tumbuh dilahan kering.

“Maka sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah, maka sagu sudah dijadikan sebagai pangan pengganti beras. Hal ini ditindak lanjuti dengan program dua hari tanpa beras,” ujar Gaghana. Ia pun yakin, sagu yang dapat dihasilkan menjadi ragam kuliner ke depan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Artinya, olahan bahan makanan berbahan dasar sagu bisa memiliki nilai ekonomis.

“Saya sudah sampaikan agar instansi terkait dapat memaksimalkan program tersebut ke depan,” katanya. Sembari berharap kegiatan PSN yang mengusung tema ‘Sagu Untuk Indonesia Maju’ itu sukses dilaksanakan.

Kepala Dinas (Kadis) Pangan Daerah Serny Lalu menyebutkan, di PSN ini Sangihe akan mewakili Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dijelaskannya terpilih Sangihe sangat beralasan karena daerah ini merupakan penghasil pangan sagu terbesar di Sulut.

“Sangihe memiliki luas lahan tanaman sagu terbesar di Sulut. Sehingga Sangihe ditunjuk langsung oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian,” kata Lalu. “Tak cuma itu, jenis sagu dari Sangihe juga sudah diakui kualitasnya. Seperti sagu baru yang sudah ditetapkan sebagai sagu khas dari Sangihe,” imbuhnya.

Ia menuturkan rangkaian kegiatan PSN tersebut juga akan dilaksanakan pemecahan rekor MURI. Dipastikan pemerintah daerah akan berpartisipasi dalam pemecahan rekor tersebut melalui penampilan 15 jenis kuliner. “Salah satunya pizza sagu itu, termasuk mie sagu, sagu porno, dan ongol-ongol,” tandasnya.(bon)

Komentar