oleh

Sanksi Untuk ASN Tak Disiplin Bisa Menyeret Kepala SKPD

-Mitra-30 views

Ratahan, KOMENTAR – Para Kepala Satuan Kerja Perangakt Daerah (SKPD) atau unit kerja pemerintah khususnya di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), diminta untuk tidak melindungi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di jajarannya jika melakukan pelanggaran disiplin. Pasalnya, bukan tidak mungkin kepala SKPD ikut terseret menerima sanksi bila terbukti melindungi ASN tak disiplin.

Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David Lalandos AP MM. “Setiap prilaku ASN tentu harus dipantau oleh atasan langsung dalam hal ini kepala unit kerja atau kepala perangkat daerah. Jangan lindungi yang tak disiplin,” katanya.

Sekda menyampaikan, kepala perangkat daerah atau kepala unit kerja memegang peranan dan kewenangan penuh untu memantau disiplin jajarannya, termasuk melakukan pembinaan bila ada ASN yang tak disiplin.

“Dan bila dalam proses internal itu tidak menemui solusi atau dalam hal ini ASN bersangkutan tetap tidak disiplin, silahkan laporkan ke Sekretariat Majelis Kode Etik dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jangan malah mendiamkan apalagi melindungi,” terangnya.

“ASN tak disiplin memang terancam sanksi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010. Tetapi Kepala Perangkat Daerah atau kepala unit kerja terancam sanksi yang lebih berat lagi jika terbukti melindungi ASN yang tak disiplin,” tukasnya.(ftj)

Komentar