oleh

Uskup Manado Tahbiskan Gereja Katolik Santa Ursula Watutumou

Airmadidi, KOMENTAR – Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, Rabu (21/10) mentahbiskan gedung Gereja Katolik Paroki Santa Ursula Watutumou Kecamatan Kalawat Minahasa Utara.

Pentahbisan diawali dengan pemberkatan gedung gereja oleh Uskup didampingi Pastor Paroki Jonny Rawung kemudian dilanjutkan pengguntingan pita oleh Camat Kalawat Alexander Warbung mewakili Pjs Bupati Minut Clay June H Dondokambey.  Dilanjutkan dengan pembukaan selubung papan nama gereja serta misa syukur oleh Uskup Untu.

Dalam misa uskup mengajak umat memaknai cinta akan rumah Allah, gedung gereja yang baru harus bisa menjadi pendorong umat untuk membakar semangat membangun iman. “Tidak tahukah kamu bahwa tubuhmu adalah bait Allah. Rombaklah bait Allah, maka dalam 3 hari akan aku bangun kembali yang dimaksudkan adalah tubuhNya,” ujar Uskup.

Ditambahkan, tempat kediaman Allah yang sebenarnya adalah bangunan rohani yang terdapat dalam diri manusia. Pembangunan gedung gereja melambangkan perjalanan umat mulai dari stasi, kemudian menjadi paroki.

“Hal ini harus membangun semangat bukan saja membangun gereja tetapi membangun rohani sebab Tuhan tidak bisa dibatasi didalam gedung gereja, tetapi juga didalam pembangunan rohani kita,” imbuh Uskup Untu.

Sementara itu, menurut Pastor Paroki, Jonny Rawung, pembangunan gedung gereja ini dilaksanakan sejak tahun 2016. “Pembangunan dilaksanakan sejak tahun 2016, namun efektifnya dilaksanakan secara marathon pada dua tahun terakhir sejak 2018 dengan Ketua panitia almarhum JWT Lengkey,” terang Pastor Rawung.

Terpisah Camat Kalawat Alexander Warbung mengatakan pentahbisan gedung gereja ini menjadi bukti umat di Paroki Santa Ursula adalah umat yang berkembang dalam iman kerohanian. “Gedung gereja yang baru yang juga dilengkapi dengan DPP yang baru dilantik merupakan bukti perkembangan pembangunan, tidak saja fisik tetapi juga iman. Umat hendaknya jangan terfokus pada kuantitas tetapi pada kualitas keimanan,” ungkap Warbung.

Selain mentahbiskan gedung gereja, dilakukan juga pelantikan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santa Ursula. DPP ini terdiri dari Ketua Bidang Kerohanian Benny Pratasik, Bendahara Maria Moningka, Sekretaris 1 Kosmas Rarun, Sekretaris 2 Rully Napitipulu, Pembangunan dan Aset Rudy Sepang, Bidang Organisasi dan Kaderisasi Decky Kumambong.

Dalam acara pentahbisan ini dihadiri juga Kapolsek Airmadidi AKP Mardy Tumanduk, Sekcam Kalawat Alexander Dipan, Ketua-Ketua Stasi, Ketua-Ketua Wilayah Rohani dan undangan lainnya.(vic)

Komentar