oleh

1000 Pelaku Usaha di Boltim Segera Terima Bantuan

Tutuyan, KOMENTAR – Sebanyak 1000 lebih pelaku usaha di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), masuk dalam daftar penerima bantuan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Ada pun usulan tersebut sesuai dengan program bantuan bagi pelaku usaha mikro.

Kepala Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Boltim, Norma Linggama kepada sejumlah wartawan mengatakan, sesuai usulan nama-nama pelaku usaha mikro yang diserahkan ke Pemprov Sulut, data pertama pada tanggal 14 September 2020 pihaknya mengusulkan sebanyak 958 pelaku usaha se Kabupaten Boltim.

Kami disini hanya sebatas mengirim data yang bersumber dari sangadi. Data yang masuk dari sangadi, kemudian kirim ke provinsi dan divalidasi di BPKP, lalu mereka kirim ke pusat. Saat ini sudah seribuan lebih se Kabupaten Boltim,” ujar Norma.

Lebih lanjut, Linggama menjelaskan, nama-nama yang diperoleh dari sangadi karena mereka yang lebih paham masyarakatnya yang berada di Desa masing-masing.

Sementara itu Kepala Bidang Industri Koperasi dan UMKM Benny Boroma menambahkan, masyarakat bisa mendaftar sendiri melalui situs resmi Kementerian Koperasi dan UMKM. “Jadi siapa saja bisa mengusulkan biar bukan dari dinas dan bukan nanti pelaku UMKM, karena penyalurannya akan ditransfer langsung ke rekening pelaku UMKM melalui Bank yang sudah ditentukan,” kata Boroma.

Menurutnya, kuota yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 12 juta pelaku usaha di seluruh indonesia, dan setiap pelaku usaha akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta, maka ada syarat yang harus dipenuhi. “Syarat penerima Pelaku UMKM belum akses kredit perbankan, mempunyai usaha mandiri atau usaha produktif, saldo tabungan calon penerima bantuan kurang dari Rp. 2.000.000., itu syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha,” pungkas Boroma.(emn)

Komentar