oleh

BSPS, Pemkab Minsel Usulkan ke Kementerian PUPR

Amurang, KOMENTAR – Pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR memprogramkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Program yang disusun oleh pemerintahan Joko Widodo ini ditujukan agar masyarakat mendapat hunian yang layak. Untuk membawanya ke Minahasa Selatan (Minsel), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Minsel telah mengusulkan sejumlah desa ke PUPR.

“Tahun 2021, Dinas Perkim kembali akan mengusulkan proposal untuk program BSPS di Kementerian PUPR. Dan kita prioritaskan desa yang belum pernah menerima BSPS. Jadi ini merupakan program berkelanjutan dari pemerintah pusat,” tukas Kadis Perkim Minsel Frangky Mamangkey SIP.

Usulan untuk mendapatkan program BSPS menurut Mamangkey, cukup beralasan, karena program ini sangat membantu masyarakat guna mendapatkan hunian yang layak. “Mudah-mudahan usulan ini akan diterima. Dan yang pasti desa yang diusulkan adalah mereka yang telah memasukkan proposal dan yang jelas kami usulkan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya,”tukasnya.

Terpisah, Kabid Perumahan dinas Perkim Minsel, Reza Girot menjelaskan, untuk mendata calon penerima merupakan tugas dari pemerintah desa. Pasalnya, yang lebih tahu persis kondisi warga desa setempat. “Pengusulan tidak dibatasi. Dan yang mendata bukan dari dinas, melainkan pemerintah desa dalam hal ini Kumtua atau kepala jaga (Pala). Dan yang diprioritaskan adalah desa-desa yang belum mendapat bantuan BSPS,” tegas Girot.(vtr)

Komentar