oleh

Kantor Pengadilan Agama Bolmong Siap Dibangun

Lolak, KOMENTAR  – Mahkamah Agung (MA) telah mengalokasikan dana Rp 20 miliar lebih untuk pembangunan kantor Pengadilan Agama di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Untuk itu, Kamis (22/10) telah dilakulan peletakan batu pertama di gedung yang dirancang dua lantai berlokasi di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak yang dihadiri Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Iskandar Paputungan serta para ketua pengadilan se Sulut.

Kantor tersebut berdiri di atas lahan seluas lima hektar lebih yang merupakan hibah dari pemerintah daerah. “Pemkab Bolmong telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Kantor Pengadilan Agama. Ini merupakan cermin bahwa pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan akan terlayani,” ujar Yasti saat memberi sambutan usai peletakan batu pertama tanda pembangunan kantor dimulai.

Kantor tersebut juga berdekatan dengan Kantor Polsek Lolak. Menurut Yasti, nantinya lokasi tersebut akan menjadi pusat pemerintah. Karena banyak kantor vertikal dan horisonatal yang akan dibangun di sini. Termasuk Makorem, Kantor Polres.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Iskandar Paputungan menjelaskan, anggaran pembangunan Kantor Pengadilan Agama Bolmong ini, berasal dari pemerintah pusat lewat Mahkamah Agung. “Ada 20 milir yang telah disiapkaN untuk  pembangunan kantor ini,” papar Iskandar.

Untuk proses pembangunan, Iskandar mengucapkan terima kasih kepada pemda yang teah menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor tersebut. “Setelah mendapat akta hibah dari pemda, anggaran sudah bisa diadakan. Saat ini sedang pengerjaan,” ucapnya.

Untuk saat ini Kantor Pengadilan Agama, masih menggunakan gedung milik Pemda untuk bersidang. Hal itu setelah MA telah meresmikan sejumlah kantor Pengadilan Agama di Indonesia termasuk yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sebagaimana terinformasi Pertama pagu tersedia berjumlah Rp20.809.801.626,43.(win)

Komentar