oleh

Waspadai Kenaikkan Kasus Covid, Dondokambey : Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

-Minut-65 views

Airmadidi, KOMENTAR – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Utara (Minut) Clay JH Dondokambey SSTP MAP meminta masyarakat yang hendak berlibur saat libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad pada 28-30 Oktober 2020, untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin agar tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menurut Dondokambey, Kamis (22/10) menjadi kunci utama mengurangi Covid-19. Pakai masker, cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak mutlak dilakukan.

“Disiplinlah dengan protokol kesehatan. Libur dan cuti bersama jangan jadikan ajang kumpul-kumpul. Liburan di rumah aja, atau liburan tanpa kumpul-kumpul atau berkerumun,” kata Clay.

Terkait hal tersebut, siang kemarin Forkopimda Minut mengikuti Video Conference (Vidcon) Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi cuti bersama, dan libur panjang Maulid Nabi Muhamad SAW yang digelar Kementerian Dalam Negeri dari ruangan kerja bupati di Lantai dua Kantor Bupati.

Rakor ini diikuti oleh Mendagri Tito Karnavian, Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala BNPB Donny Munardo, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pariwisata dan Kemenko PMK, BIN bersama Forkopimda provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia.

Rakor ini, menindaklanjuti adanya keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), telah menetapkan libur cuti bersama tahun 2020 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB).

Menurut SKB 3 Menteri yang ditetapkan pada 20 Mei 2020, menyatakan hari libur nasional bulan Oktober jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020 yang merupakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara untuk libur cuti bersama menurut SKB tersebut, jatuh pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 yang juga Maulid Nabi Muhammad SAW. Tiga hari libur itu, berada pada hari Rabu, Kamis dan Jumat.

Digelarnya rakor ini untuk mengantisipasi kegiatan, keramaian ataupun kerumunan publik di tempat wisata, terminal dan bandara udara saat mudik, ataupun acara reunian di masyarakat untuk antisipasi dari ancaman Covid 19.

“Vidcon ini, akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah, untuk disebarluaskan pada masyarakat. Mengenai antisipasi penyebaran Covid-19,” kata Clay.(vic)

Komentar