oleh

Antisipasi Bencana, Pemkab Minut Gelar Apel Siaga

-Minut-58 views

Airmadidi, KOMENTAR – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Utara (Minut) Clay June H Dondokambey SSTP MAP Jumat (23/10), memimpin apel kesiapsiagaan antisipasi bencana di lapangan kantor Pemkab Minahasa Utara.

Apel ini untuk menindaklanjuti surat Mendagri nomor 440/5605/SJ 8 Oktober 2020 perihal antisipasi kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam pandemi Covid-19. Disamping itu adanya peringatan BMKG bahwa mulai Oktober 2020 hingga Maret/April 2021 di wilayah Indonesia akan ada La Nina, dengan curah hujan akan 40 persen lebih banyak.

“Sehubungan dengan hal dimaksud, maka dalam rangka antisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Minahasa Utara dibutuhkan koordinasi, kesiapsiagaan personil dan Pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumber daya alam,” tegas Dondokambey dalam sambutannya.

Lanjutnya, terjadinya bencana yang tidak diinginkan seringkali ditanggapi negatif oleh beberapa pihak. Tapi sebenarnya semua pihak perlu waspada dari segala bentuk kejadian bencana yang dan tidak dapat diduga mungkin terjadi secara tiba-tiba sebelumnya.

“Oleh karena itu kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana sangat kita mampu melakukan tindakan untuk penting. Agar mengurangi resiko ketika terjadi bencana,” sebut Pjs Bupati.

Apel diikuti unsur Kodim 1310/Bitung, Polres Minahasa Utara, Manggala Agni Dapops Bitung, Basarnas Manado, Pemadam Kebakaran Pemkab Minahasa Utara, Dinas Sosial dan PMD, Dinas Perhubungan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Utara.

Hadir dalam apel tersebut Danramil Kauditan Kapten inf. John Datangmanis, Sekretaris Manggala Agni Daops Bitung Roimen R Malau S.Hut, Ketua PN Airmadidi Mohammad Sholeh SH MH, Asisten I Setdakab dr. Jane Symons MARS, Kepala BPBD Minut Jofieta Supit SH, Kasatpol PP dan Damkar Robby Parengkuan SH, Kadis Kesehatan dr. Alain Beyah, Kadis Sosial dan PMD Alpret Pusungulaa, Kadis PU Bobby Nayoan dan Sekretaris DPRD Jossy Kawengian SH.(vic)

Komentar