oleh

Perda Penyertaan Modal BSG untuk Dorong PAD

Tomohon, KOMENTAR – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA menjelaskan bahwa tujuan penyertaan modal daerah kepada Bank SulutGo (BSG) adalah untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Pemerintah daerah akan menerima manfaat dari penyertaan modal ini yakni memperoleh bagian dari laba perusahaan maupun atas hasil usaha dari PT Bank SulutGo sesuai dengan ketentuan yang ada,” papar Walikota dalam rapat paripurna DPRD Kota Tomohon.

Sekedar diketahui, rapat paripurna digelar dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi dan laporan panitia khusus serta pendapat akhir Walikota terhadap Ranperda tentang Penyertaan Modal Daerah Kota Tomohon kepada PT Bank SulutGo. Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Djemmy Sundah SE didampingi wakil ketua Erens Kereh AMKL itu, tiga fraksi yang ada di DPRD Kota Tomohon yaitu Fraksi Golkar, Fraksi PDI-P dan Fraksi Restorasi Nurani, menyatakan menerima dan menyetujui ranperda tersebut untuk ditetapkan menjadi perda.

“Dengan ditetapkannya ranperda ini, maka memberikan kepastian kepada daerah secara administrasi dan yuridis terhadap status saham pemerintah daerah sebagai obyek penyertaan modal,” ucap Walikota.

Dia pun menjelaskan substansi perda tersebut, antara lain mengatur besaran penyertaan modal dari Pemerintah Kota Tomohon kepada PT Bank sulutGo sampai tahun 2026 ada diangka Rp 30.000.000.000. “Kita ketahui bersama, sampai 31 Desember 2019 jumlah penyertaan modal daerah kepada PT Bank sulutGo adalah sebesar Rp 4.854.700.000. Sementara  dalam perda ini diatur nilai penyertaan modal daerah untuk tahun 2021 sebesar Rp 4.000.000.000 sehingga nilai keseluruhan penyertaan modal daerah Rp 8.854.700.000,” terangnya.

Adapun dalam rangka pemenuhan jumlah penyertaan modal pemerintah daerah di tahun selanjutnya sampai dengan tahun 2026, besarannya akan disesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan daerah pada waktu itu, dan akan ditetapkan melalui keputusan kepala daerah yang terlebih dahulu telah mendapat persetujuan DPRD pada saat pembahasan rancangan peraturan daerah tentang APBD.(rom)

Komentar

Terbaru