oleh

Serentak Seluruh Jajaran Polri, 26 Oktober Polda Sulut Gelar Operasi Zebra Samrat 2020

Manado, KOMENTAR – Operasi Zebra Tahun 2020 siap dilaksanakan seluruh jajaran Polri. Operasi yang bertujuan mewujudkan disiplin dalam berlalu lintas ini, akan digelar serentak seluruh daerah selama 14 hari, dimulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020. Selanjutnya memulai operasi tersebut, Polda Sulut akan mendahului dengan apel gelar pasukan, Senin (26/10).

Kapolda Sulut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, tujuan dilaksanakan Operasi Zebra Samrat 2020 ini adalah bagaimana mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas. “Untuk melaksanakan operasi kita perlu melaksanakan latihan operasi. Bagaimana cara bertindak, apa yang harus dilaksanakan,” ujar Kapolda saat membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Samrat 2020, di aula Tribrata, Polda Sulut, Jumat (23/10).

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polda Sulut ini mengingatkan kepada seluruh personil yang akan melaksanakan operasi, agar mengedepankan tindakan simpatik dan mengutamakan pemberian peringatan daripada penindakan. Tak hanya itu, Kapolda juga mengungkapkan untuk menghadapi berbagai agenda tugas ke depan seperti pencegahan covid-19, gejolak unras omnibus law, pengamanan pilkada dan berbagai kegiatan masyarakat terutama menjelang perayaan Hari Natal tahun 2020, termasuk mengantisipasi pelaksanaan hari libur nasional tanggal 28 hingga 31 Oktober 2020, seluruh personil harus siap terjun lapangan.

“Kita tidak boleh underestimate, saya berharap tidak sekedar pelaksanaan operasi, tapi masyarakat diberi pemahaman bagaimana memahami tata cara berlalulintas yang baik,” tegasnya.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap Operasi Zebra ini dapat dijadikan sarana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk mengevaluasi sarana dan prasarana jalan, serta evaluasi berbagai kerawanan di tengah masyarakat. “Hal lain yang harus kita waspadai adalah bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Kita berharap itu tidak terjadi dan Polri harus siap untuk mengantisipasi berbagai bencana alam. Kita harus siap personil dan peralatannya,” pungkasnya.(oby)

Komentar