oleh

HSP, Kabupaten Mitra Menyesuaikan Dengan Pusat

-Mitra-45 views

Ratahan, KOMENTAR – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 92 pada 2020 ini bakal dibuat berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, termasuk di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Peringatan Hari Sumpah Pemuda bakal dibuat secara virtual, dimana masih berlangsungnya pandemi menjadi alasan utama untuk hal tersebut.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Mitra, Djelly Waruis SPt MM. “Untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 pada tahun ini kita menggelarnya secara virtual, sebagaimana arahan pemerintah pusat. Jadi kita menyesuaikan dengan pemerintah pusat dan hal sudah kami laporkan kepada Bapak Bupati,” katanya kepada harian ini, Senin (26/10).

Menurut Waruis, petunjuk dari pemerintah pusat terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 pada 2020 ini disampaikan kepada semua daerah lewat Surat Edaran dari Kementerian Dalam Negeri bernomor 001/5898/sj tanggal 22 Oktober 2020 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Dr Ir Muhammad Hudori MSi.

“Antara lain disebutkian dalam surat edaran tersebut bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda secara nasional akan disiarkan oleh TVRI dan kita di pemerintah daerah akan menyaksikan siaran langsung tersebut. Kita menyesuaikan dengan apa yang menjadi instruksi dari pemerintah pusat ini,” terangnya.

“Demikian pula dengan Kabupaten dan Kota lain di Sulut, sesuai hasil komunikasi kita, nanti kita akan menyesuaikan dengan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri tersebut. Kita tidak akan menggelar upacara sendiri,” imbuh mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra tersebut yang juga pernah menjadi Camat Ratahan Timur.

Waruis menambahkan, meskipun dilaksanakan dalam kondisi yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, namun kiranya hal tersebut tidak mengurangi nilai peringatan Hari Sumpah Pemuda itu sendiri. “Generasi muda bahkan harus lebih memainkan peranannya membantu pemerintah dalam menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.(ftj)

Komentar