oleh

Mantan-mantan Kumtua Dukung Onibala Tegas Ke PNS tak Netral

Amurang, KOMENTAR – Tindakan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala melakukan pergantian pejabat Kumtua mendapat dukungan dari mantan-mantan Kumtua. Bahkan mereka mendesak agar pergantian diteruskan, karena hampir semua sudah menunjukan ketidaknetralan. Bahkan diduga kuat menggunakan anggaran desa untuk memenangkan pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada.

“Apa yang dilakukan oleh pak Onibala sudah sangat tepat. Sebab memang banyak yang sudah menampakkan ketidaknetralan. Jadi sudah seharusnya ditindak dengan diganti, makanya kami dukung. Bahkan kami minta sebaiknya semua pejabat Kumtua diganti demi netralitas dan tidak ada penyelewengan anggaran untuk pemenangan Paslon tertentu,” ujar Meidy Tambuwun mantan Kumtua Motoling bersama 10 rekannya sebagai perwakilan kecamatan.

Dikatakan juga kurang lebih 80 persen mantan Kumtua juga mendesak bertindak tegas bagi PNS yang menampakkan ketidaknetralan. Apalagi dengan sudah masuknya laporan-laporan pada bupati yang telah dilengkapi dengan data dan foto serta video. Mereka bersikeras sangat sulit membuat PNS yang sudah kedapatan tidak netral untuk netral.

“Daripada merongrong pemerintahan, lebih baik diberi tindakan tegas saja. Kan pak Bupati dalam berbagai kesempatan mengatakan salah satu tugasnya di Minsel menjaga netralitas PNS. Nah kalau memang tidak netral kami harapkan langsung diberi sanksi paling tidak diganti saja,” Sharel Ampow.

Perwakilan mantan Kumtua juga mengatakan siap memberikan dukungan bahkan massa akan dikerahkan untuk mengamankan kebijakan dari Pjs Bupati. Sikap tersebut diambil lantaran desakan juga dari masyarakat yang merasakan diintervensi pilihannya di Pilkada oleh pejabat Kumtua dan pejabat eselon II dan III juga IV.

“Jadi kami siap kawal kebijakan pak Bupati. Kalaupun ada yang coba-coba memberikan ancaman, kami juga siap membawa massa. Netralitas harus ditegakkan agar warga dapat memilih sesuai pilihannya tanpa intimidasi yang memang seringkali terjadi,” harap Reiders Pinatik.(vtr)

 

Para mantan kumtua:

– Perwakilan Kecamatan Maesaan:  Jhoni Rampen

– Perwakilan Kecamatan Tompasobaru:  Bonni Lobot

– Perwakilan Kecamatan Ranoyapo: Desni Umboh

– Perwakilan Kecamatan Motoling: Meidy Tambuwun

– Perwakilan Kecamatan Kumelembuai: Reiders Pinatik

– Perwakilan Kecamatan Sinonsayang:  Jaiudin Katili

– Perwakilan Kecamatan Tenga: Jhoni Keman

– Perwakilan Kecamatan Amurang Barat: Sharel Ampouw

– Perwakilan Kecamatan Amurang Timur: Joins Rorimpandey

– Perwakilan Kecamatan Tatapaan: Metusala  

– Perwakilan Kecamatan Tumpaan: Jois Kaunang

Komentar