oleh

Pemda Sitaro Gelar FGD ke-1

Sitaro, KOMENTAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar “Focus Group Discussion” (FGD) ke-1, Senin (26/10). FGD ke-1 ini tentang Penyusunan Dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Tanaki Kapeta Balirangeng, RDTR Kota Buhias Tagulandang, Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RDTR Ondong dan Ranperda Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRKP), Indra Purukan menyatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. “FGD ini merupakan lanjutan dari penyusunan dokumen RDTR dan penyusunan revisi dokumen RT RW Sitaro 2014-2034,” ujar Purukan dikonfirmasi pasca kegiatan.

Lanjut Purukan mengatakan, kegiatan ini pula berpedoman dari Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala Badan Pertanahan Nasional) Nomor 1 TAHUN 2018 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Rencana Detail Tata Ruang merupakan salah satu produk rencana rencana rinci tata ruang sesuai PP Nomor 15 Tahun 2010 pasal 59 tentang Penyelenggaraan Penata Ruang, yang menetapkan bawah setiap rencana tata ruang wilayah kabupaten atau kota harus menentukan bagian dari wilayah terkait,” kata Purukan.

Sementara maksud dan penyusunan RDTR terkait untuk mewujudkan rencana detail tata ruang kawasan perkotaan di Sitaro. Sehingga ujar dia, dapat menjadi acuan serta mendukung pembangunan dari kawasan strategis maupun kawasan fungsional lainnya dalam kawasan perkotaan yang aman. “Sekaligus produktif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John H Palandung mewakili Bupati Evangelian Sasingen mengapresiasi menyampaikan terima kasih ke Dinas PUPRKP yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat strategis ini.

“Saya mengharapkan melalui kegiatan FGD ini, semua Stakholder dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan masukan sehingga bisa menghasilkan dokumen RDTR, terkait penyusunan Ranperda RDTR dan penyusunan Ranperda RTRW di Kabupaten Kepulauan Sitaro,” ujar Palandung.

Kegiatan ini digulir di Auditorium Kantor Bupati Sitaro, dengan dihadiri Sekertaris Daerah, Herry Bogar dan Asisten Ekonomi Pembangunan, Agus Poputra.(sal)

Komentar