7 Jabatan Eselon 2 di Boltim Bakal Dilelang

Tutuyan, KOMENTAR – Sedikitnya 7 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) segera dilelang. Demikian dikatakan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengambangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim Reza Mamonto kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

“Dalam waktu dekat seleksi akan dibuka. Termasuk pembentukan panitia sekeksi (Pansel). Lelang ini terbuka bagi ASN yang sudah memenuhi syarat ikut lelang jabatan di 7 SKPD,” ungkap Reza.

Ketujuh jabatan eselon 2 yang akan dilelang tersebut diantaranya, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Sekretaris DPRD (Sekwan), Dinas Pertanian, Dinas PP dan KB, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD).

Sementara itu, sebelumnya Pjs Bupati Boltim Christiano Talumepa mengatakan, dalam aturan, jabatan pelaksana tugas atau Plt hanya tiga bulan saja. “Kalaupun diperpanjang, paling lama cuma enam bulan. Setelahnya harus didevinitfkan melalui mekanisme lelang jabatan,” ujarnya.

Lanjut Talumepa mengatakan, dalam evaluasi sederet kepala SKPD masih berstatus Plt dan telah menjabat cukup lama. “Apalagi mereka rata-rata tidak memiliki jabatan devinitif baik setingkat di atas maupun di bawahnya. Padahal jabatan devinitif menjadi salah satu syarat pejabat boleh menjadi pelaksana tugas di jabatan lain. Hal ini membuat organisasi pemerintahan menjadi tidak sehat,” tutupnya.(emn)

Komentar