oleh

Cara PT BSGo Cabang Siau Tingkatkan Inklusi Keuangan

Sitaro, KOMENTAR – Peningkatan layanan jasa keuangan formal yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh komponen masyarakat menjadi suatu hal yang mutlak. Konteks ini yang disebut bagian dari inklusi keuangan. Sebagaimana sederhananya inklusi keuangan itu menunjukkan jumlah atau keadaan masyarakat yang menggunakan produk layanan jasa keuangan.

PT Bank SulutGo Cabang Siau, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) salah satu pihak yang saat ini terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan di daerah. Meski menurut Branch Manager PT BSGo Siau, Edwin Musu dalam implementasinya, inklusi keuangan tidak dilihat secara sempit hanya dengan memperluas akses masyarakat terhadap sektor keuangan formal atau bertambahnya minat masyarakat menggunakan produk perbankan.

“Namun dibalik itu perlu dibarengi dengan literasi keuangan untuk membangun pemahaman dan pengetahuan di kalangan masyarakat terkait produk perbankan yang digunakan,” tutur Musu.

Olehnya, kata dia, PT BSGo Cabang Siau dalam beberapa waktu rutin menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Dari sosialisasi itu pula disampaikan terkait manfaat apa yang akan diterima masyarakat ketika menggunakan produk perbankan yang ada.

“Inilah hakekatnya dari upaya meningkatkan inklusi keuangan yang sudah kami lakukan, di mana tak hanya membuka akses menggunakan produk perbankan, tapi dibalik itu masyarakat juga di edukasi agar mengetahui secara pasti keberadaan atau manfaat yang akan diperoleh,” ucap dia.

Selain itu, lanjutnya, dalam meningkatkan layanan yang merupakan bagian dari peningkatan inklusi keuangan, maka pihaknya terus melakukan perubahan. Sejauh ini telah disesuaikan dengan kondisi yang ada melalui penerapan konsep digitalisasi.

“Jadi untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan perbankan, BSGo telah meluncurkan sejumlah aplikasi digital seperti halnya BSGotouch yang sudah digunakan. Baik itu untuk nasabah umum, maupun layanan dengan pemerintah daerah,” sebutnya.

“Bahkan untuk wilayah yang belum memiliki jaringan internet, masyarakat dapat mengakses layanan melalui BSGo sms banking. Dan umumnya layanan ini bisa di akses di semua kampung yang ada,” sebutnya kembali.(sal)

Komentar

Terbaru