oleh

Total Bantuan CSR Pertamina untuk Konservasi Yaki Rp550 Juta

Boltim, KOMENTAR – Sejak tahun 2017, PT. Pertamina (Persero) telah memberikan bantuan untuk konservasi Yaki sebesar Rp550 juta. Dana tersebut antara lain berasal dari kegiatan amal yang dilakukan Pertamina seperti Eco Run pada tahun 2019.

“Tahun lalu, Pertamina menyelenggarakan event tahunan Eco Run sebagai kegiatan charity menjelang HUT Pertamina dalam bentuk event berlari. Hasil donasinya diberikan untuk kepedulian kepada lingkungan, salah satunya yaitu donasi untuk konservasi monyet Yaki yang saat itu menjadi maskot tema tahunan. Kegiatan tersebut berhasil menggalang donasi hingga 400 juta. Sehingga, total bantuan CSR pertamina untuk mendukung konservasi Yaki sejak tahun 2017 hingga sekarang yaitu sebesar 550 juta,” kata VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita saat melakukan pelepasliaran Yaki di TWA Gunung Ambang Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Rabu (25/11).

Ia mengatakan, hasil penggalangan donasi dari kegiatan Eco Run dimanfaatkan untuk program pemeriksaan Yaki untuk dilepasliarkan, program pelepasliaran, program edukasi, pemugaran kandang dan penyediaan peralatan medis klinik.

“Sebagai salah satu contoh Konservasi Yaki ini, kita berharap dapat menciptakan ekosistem konservasi yang terintegrasi. Lokasi pelepasliaran Desa Liberia Timur, Kecamatan Modayang, Kabupaten Bolaan Mongondow Timur kami berikan bantuan Bina Lingku-ngan Bibit dan Pupuk senilai Rp50 juta kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Belerang, Desa Liberia Timur. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) nomor 8 yaitu menciptakan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Arya.

Pertamina sebagai korporasi yang menjunjung tinggi prinsip Environmental Social Governance (ESG) menurut Arya menerapkan praktik-praktik penyelamatan lingkungan yang dikombinasikan dengan pemberdayaan masyarakat di saat yang bersamaan. “Seperti ditemui di Gn. Ambang ini, Pertamina memberdayakan masyarakat untuk menanam tanaman produktif dengan tujuan memberikan nilai ekonomi dan tidakmerambah hutan habitat Yaki, “ ujar Arya.(jou)

Komentar

Terbaru