Air Bersih dan Aktifitas Jalan Tol Memcuat di Reses

Bitung, KOMENTAR – Sejumlah warga Kelurahan Pakadoodan Lingkungan Empat Kecamatan Maesa menyampaikan aspirasi ke anggota DPRD Kota Bitung, Ramlan Ifran, Selasa (01/12).

Aspirasi seperti ketersedian air bersih, kendaraan berat proyek tol Manado-Bitung, BPJ hingga pengurusan KTP disampaikan dalam Reses Masa Persidangan Pertama Tahun Kedua Tahun sidang 2020-2021 DPRD Kota Bitung Dapil I Kecamatan Maesa.

Warga menyampaikan, bertahun-tahun di wilayah mereka sudah terpasang instalasi pipa tapi hanya berfungsi sesaat setelah itu tidak difungsikan lagi hingga kini.

Awalnya kata warga, air bersih yang disalurkan PDAM berjalan lancar tapi hanya diawal-awal kemudian mati total.

Terkait BPJS, warga mempertanyakan bagaimana kembali mengurus keanggotaan setelah tidak aktif sekian tahun serta soal KTP warga mempertanyakan proses kepengurusan untuk pindah antar kabupaten.

Sedangkan soal kendaraan tol, warga mengeluhkan jalan-jalan rusak akibat setiap hari dilalui kendaraan berat proyek tol Manado-Bitung.

Warga sendiri mengaku sudah menyampaikan ke pihak tol agar segera memperbaiki jalan yang rusak karena mengancam keselamatan pengguna jalan.

Menanggapi keluhan itu, Ramlan dibantu Lurah, perwakilan BPJS, perwakilan Dinas PUPR dan perwakilan Dinas Perkim menjelaskan satu persatu.

Soal air bersih, Ramlan mengaku juga ikut merasakan apa yang dirasakan warga lingkungan empat, namun dirinya beruntung karena masih bisa membuat sumur bor.

Iapun mengatakan, soal penanganan air bersih di wilayah lingkungan empat dan wilayah lainnya di Kota Bitung, Pemkot sudah melakukan tahap perencanaan tapi terhenti karena adanya proyek tol.

“Dulu memang wilayah ini sempat merasakan air bersih dari PDAM dengan menggunakan sistem pompa tapi kini tidak lagi. Itu dikarenakan pompa sudah berumur serta butuh BBM cukup besar,” kata Ramlan.

Kemudian kata dia sisten itu dirubah dengan sistem gravitasi air yang pipa utamanya bakal mengikuti pinggiran tol baru dialiarkan ke rumah-rumah warga yang selama ini belum terjangkau air bersih.

“Semoga tahun 2021 itu bisa direalisasikan dan mohon kesebarannya,” katanya.

Terkait jalan yang rusak akibat kendaraan proyek tol, Ramlan berjanji akan memanggil pihak pekerja tol lewat Rapat Dengar Pendapat agar jalan yang rusak segera diperbaiki.

“Apa yang warga sampaikan dalam Reses ini akan saya laporkan ke wali kota agar mendapat perhatian. Tapi intinya, apa yang disampaikan sudah dipikirkan pemerintah dan tinggal direalisasikan,” katanya.(epa)

Komentar